Inspirasi Detik ini

Ngeyel itu boleh, perlu bahkan. Selama untuk hal-hal yang penting, malah dianjurkan. Ngeyel gunakan cara-cara baru yang lebih cocok untuk peluang baru, sambil ngeyel tetep perhatikan tujuan-tujuan besar di balik cara-cara baru itu, adalah contoh ke-NGEYEL-an yang tepat! — Rio Purboyo

Masalah bukan (lagi) Masalah

Posted by
|

Masalahmu bukan lagi masalah!

“Ban bocor?! Apa perasaan yang muncul pada diri Anda?”

Kira-kira, apakah sama jawabannya ketika itu kita tanyakan pada tukang tambal ban?

Bahkan mungkin, jawabannya bisa sangat berbeda, bertolak belakang.

Dan, bagaimana jika hal itu kita tanyakan ke pemilik bisnis roda?

penjual ban bocor 300x300 Masalah bukan (lagi) Masalah

Ah, saya merasa malu, saat melihat tenaga penjual roda yang sibuk bertanya dan mencatat di tengah antrian “pasien” roda bocor.

Malu, karena sempat mengeluh. Menggerutu, tanda tak setuju. “Kenapa bisa bocor, roda ini?” begitu pikirku. Padahal, itu hanya peristiwa normal saja. Menjadi tak karuan, jika perasaan nggak enak itu kuteruskan. Bersyukur, kuberusaha memaknai ulang kejadian ini.

Ya, hanya karena melihat si penjual roda dengan riangnya mencatat daftar permintaan tukang tambal ban. Kini, saya punya arti lain dari peristiwa ban bocor ini.

Masalah tidak selalu berarti masalah. Karena bagi orang lain, masalah dapat ia artikan sebagai peluang. Dan peluang membutuhkan jawaban. Karena itu, kita mengenal makna paling sederhana dari bisnis. “Membantu sediakan solusi bagi (orang lain) yang membutuhkan”.

Kata kuncinya: bantuan, solusi, kebutuhan, manusia.

Dan, ketika masalah datang, percayailah bahwa itu serupa dengan terbukanya kran rejeki bagi sesama. Betapa halus dan lembutnya Allah mengatur rizki atas manusia. Benarlah, bahwa Allah Maha Berkehendak, Allah Maha Pemberi Rizki.

Comments

  1. Khair

    March 7, 2016

    syukur itu sesuatu yang harus kita miliki. tulisan ini mengajarkan kita memaknai makna syukur. trimakasih

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.