Inspirasi Detik ini

Kebanyakan orang gagal bukan karena dia tidak mampu, tetapi karena dia tidak memiliki komitmen. — Zig Ziglar

Menegakkan Komitmen

Posted by
|

Kita tahu, keberhasilan hadir bersama dengan disiplin. Dan, setelah saya selidiki dengan lebih teliti penyebabnya adalah komitmen. Dahsyatnya komitmen pada diri sendiri, membuat seseorang disiplin. Karena tidak pernah ada orang yang berhasil, tanpa komitmen. Komitmen berkaitan erat dengan iman, keyakinan utuh terhadap apa yang dijanjikan Allah swt.

Komitmen datang dari kesadaran yang muncul atas sebuah pembelajaran atau pengalaman. Dalam aspek finansial, sebutlah itu contohnya, setiap orang tentu ingin kaya. Tetapi, begitu pertanyaannya berubah “Apakah Anda berkomitmen menjadi kaya?” Maka, tidak semua orang akan yakin menjawabnya. Mudah ditemukan hanya sedikit orang yang memiliki komitmen untuk kaya. Karena itu, jumlah orang kaya tidaklah banyak, menurut sebuah survey tidak lebih dari 3% dari total populasi warga dunia.

Orang yang memiliki komitmen akan memutuskan segala sesuatu dengan mudah. Komitmen adalah clarity, kejelasan tentang segala sesuatu. Kita bisa mudah bilang “Ya”, karena telah putuskan apa yang “Tidak”. Karenanya, komitmen juga bekerja seperti kompas. Penunjuk arah. Tanpa kejelasan dan keterarahan, manusia tidak akan merasa yakin dalam berbuat. Tanpa komitmen dalam diri sendiri, ia cenderung sulit memutuskan segala sesuatu. Selalu ada kebingungan dan dilema, keraguan, dan kemudian berakhir dengan penyesalan. Temukanlah dan jangan kehilangan clarity and direction walau sedetik pun.

Berkenaan dengan cara, kita bisa merujuk pada pak Heppy Trenggono, seorang pebisnis senior dan Presiden IIBF. Kita bisa meneladani cara beliau untuk menjaga komitmen harian. Yakni dengan menuliskan tiga hal setiap pagi-pagi sekali, dikatakan usai sholat subuh. Tulis dan baca setiap hari, tiga poin berikut. Untuk mempermudah, saya buatkan singkatan “Pro-Gol-D”. PROmises, GOaLs, dan get things Done.

Promises, janji Anda kepada diri Anda sendiri. Anda ingin jadi orang seperti apa, ingin dinilai Tuhan sebagai hamba yang bagaimana, ingin dipandang oleh keluarga sebagai apa.

Goals, hal-hal yang ingin Anda capai. Apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan, dalam membangun bisnis dan karir, dalam kepemimpinan diri, dalam membangun keluarga.

Thing to get done today, sesuatu yang dapat saya selesaikan hari ini. Komitmen Anda tentang sesuatu yang akan diselesaikan hari ini, berkaitan dengan semua tujuan dan target yang Anda miliki. Yang dimaksud di sini bukan sekedar daftar-periksa (checklist), melainkan komitmen menyelesaikan sesuatu. Misalnya, menulis surat perjanjian, memutuskan sesuatu, mengomunikasikan sesuatu kepada orang tertentu, menyusun dan-atau menyetujui anggaran, meminta bantuan kepada seseorang. Apa pun yang bisa kita selesaikan hari ini.

 

Dengan menuliskan komitmen setiap pagi sebelum melakukan aktivitas, kita akan memiliki kehidupan yang lebih mudah. Menjadi mudah memutuskan sesuatu, jauh lebih bahagia, merasa lengkap, tidak reaktif terhadap peristiwa yang terjadi, dan tidak cenderung menunda pekerjaan. Dengan meneguhkan komitmen dari hari ke hari, kita tidak akan tergoda untuk mencurangi diri sendiri.

Selamat berlatih!

(sumber: Heppy Trenggono, “9 Pertanyaan Fundamental”)

 

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.