Inspirasi Detik ini

PERCAYA, keberuntungan itu ada, dekat di sini, senyata bagi yang percaya dan pantas untuknya. — Rio Purboyo

Manfaat Bercerita

Posted by
|

Pagi itu, seorang pria pemilik bisnis terlihat berjalan-jalan. Ia temukan sebuah lokasi konstruksi dengan tiga pria yang sedang bekerja. Karena ingin tahu, ia mendekati salah satu dari mereka dan bertanya apa yang sedang dilakukan. Jelas merasa jengkel karena diganggu, dia membentak, “Apa sampean tidak bisa lihat? Saya sedang menyusun bata!”

Merasa diusir, si pemilik bisnis bertanya kepada pria berikutnya apa yang sedang dia lakukan. Dia menjawab berdasarkan fakta, “Saya membangun tembok batu bata setinggi 9 meter, lebar 30 meter, dan tebal setengah meter.” Lalu, mengalihkan perhatiannya kepada pria pertama, pria kedua itu berkata, “Hei, sampean barusan melewati ujung tembok.Sampean perlu ambil lagi batu bata yang terakhir.”

Masih tidak puas, si pemilik bisnis bertanya kepada pria ketiga mengenai apa yang ia lakukan. Meskipun tidak terlihat melakukan hal yang sama dengan kedua pria yang sebelumnya, ia menoleh dengan ramah dan berkata, “Oh, saya kasih tahu sampean! Saya sedang membangun sekolah terbaik di negeri ini! Si pemilik bisnis bisa melihat bahwa pria itu ingin bercerita lebih. Tapi sebelum dia sempat, dia terganggu perhatiannya oleh pertengkaran keras di antara kedua pria pertama tentang satu batu bata yang berlebih. Menoleh kepada keduanya, dia berkata, “Oi, cak, sampean g usah khawatir! Itu akan jadi sudut dalam. Semuanya akan dilapis berulang dan tidak seorangpun akan melihat batu bata lebih ini. Lanjut saja ke bagian berikutnya!”

Tentu, ketika Anda mengerti keseluruhan tujuan organisasi Anda dan bagaimana pekerjaan Anda berkontribusi di dalamnya, Anda menikmati dua manfaat sekaligus. Pertama, itu membantu Anda melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Dan yang terpenting, kedua, Anda juga dapat membantu teman Anda melakukan pekerjaan mereka lebih baik. Lebih jauh, Anda pun mudah menikmati apa yang sedang Anda kerjakan.

Anda tahu, kisah di atas bisa diceritakan dalam berbagai versi.

Cerita, sebagaimana nanti kita temukan manfaatnya, menjadi relevan disampaikan dalam membagikan visi masa depan. Di perusahaan mana pun, cerita seperti ini paling efektif digunakan sebelum menyepakati strategi atau tujuan yang baru. Cerita ini membantu para pendengar menghargai alasan mengapa penting bagi mereka untuk mendengarkan, mengerti, dan mengadopsi visi dan rencana baru ini. Cerita ini, membuat apa yang tampak seperti pertemuan biasa yang membosankan, menjadi sesuatu yang menarik dan membangkitkan semangat pendengar. Seperti pria pertama dalam cerita, di awal obrolan, para pendengar mungkin akan merasa bahwa pekerjaannya hanya menyusun batu bata. Tapi, di akhir pertemuan, pendengar mudah mengerti bahwa ia sedang membangun sekolah!

Seorang teman bertanya, “Mengapa saya perlu bercerita?” Berikut ini lima alasan utama:

1. Bercerita itu sederhana. Setiap orang bisa melakukannya. Tidak perlu gelar pendidikan yang tinggi.

2. Cerita itu menular. Cerita bisa menyebar seperti kebakaran, tanpa adanya usaha tambahan dari si pencerita.

3. Cerita itu melekat. Seorang ahli psikologi organisasi -Peg Neuhauser- membuktikan bahwa hasil pembelajaran dari sebuah cerita yang disajikan dengan baik, akan diingat peserta lebih akurat dan lebih lama daripada pembelajaran yang diperoleh dari fakta atau angka.

4. Cerita lebih cocok ketika proses belajar terjadi di tempat kerja. Menurut Evelyn Clark dalam tulisannya, “Hampir 70 persen dari keahlian baru, informasi, dan kompetensi di tempat kerja diperoleh dari pertemuan informal seperti yang terjadi di dalam tim, bimbingan, dan komunikasi antar rekan kerja.” Pembelajaran informal pada dasarnya adalah bercerita.

5. Cerita itu menginspirasi. Bercerita memungkinkan Anda untuk mengikutsertakan orang lain secara emosional dan membuat mereka “mengalami” ide Anda secara lebih kuat. Dan hasilnya, orang biasanya akan mudah tergerak.

Saat ini, bercerita adalah keahlian penting untuk semua pemimpin dan manajer. Dalam dunia bisnis, bercerita adalah senjata ampuh untuk menjual ide-ide, mengomunikasikan visi masa depan, dan menginspirasikan komitmen. Anda tahu, kita mampu bercerita sejak anak-anak dan terus memegang kemampuan ini sepanjang hidup. Karena itu, seandainya ada kesempatan presentasi, kenapa tidak Anda bercerita?

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.