Inspirasi Detik ini

Jangan segan untuk mengulurkan tangan Anda. Tetapi, janganlah Anda enggan untuk menjabat tangan orang lain yang datang pada Anda — Pope John XXII

Fokus Pemimpin

Posted by
|

Pada dasarnya, semakin banyak hal yang kita coba lakukan, semakin berkurang pencapaian kita.

Ini adalah prinsip nyata, sayangnya sebagian besar ?pemimpin? melupakannya. Atau tanpa sengaja, pemimpin mengabaikan hal ini.

Mengapa? Karena, pemimpin yang cerdas dan biasanya ambisius ingin mengerjakan dan menyelesaikan banyak hal, meski beliau tahu prinsip ini.

Betapa sulitnya, menolak godaan ide yang bagus. Bahkan, teramat susah berkata tidak untuk ide yang hebat. Lagian, gagasan bagus (jumlahnya) akan lebih banyak daripada kapasitas Anda dan tim, dalam mengeksekusinya.

Di sini, tantangan pertama dan utama bagi pemimpin adalah fokus.
Berfokuslah pada yang (sangat-sangat) penting!

Seorang pelatih menceritakan pengalaman masa kecilnya, Suatu hari, ia memasukkan tangannya ke dalam pot penuh kelereng. Ia berhasil mengambil kelereng sebanyak mungkin, dalam genggamannya. Tapi, ketika ia mencoba menarik keluar tangannya, ia menyadari bahwa leher pot itu terlalu sempit untuk tangannya yang tergenggam. Karena tidak bersedia melepaskan kelereng dalam genggamannya dan juga tidak mampu menarik keluar tangannya, ia menangis tersedu sambil kecewa.

Fokus adalah prinsip alami, sebuah hukum alam.

Pergunakan sebaik mungkin, agar ia bersahabat baik bagi kita, para pemakmur negeri.

 

 

Comments

  1. Andina Chrisnawati

    July 6, 2015

    Oleh karenanya pada masa sekarang ini ASN (dahulu PNS) teken kontrak kerja berupa target yang akan ia capai dalam 1 tahun anggaran.

    • Rio Purboyo

      July 6, 2015

      Wah, info yang menarik mbak Andina. Penasaran, seperti apa penerapannya saat ini? Adakah informasi yang bisa dibagikan?

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.