Inspirasi Detik ini

Tiada seorang pun yang bersedia merangkak, ketika ia merasakan dorongan untuk terbang. — Helen Keller

Pemimpin Harapan

Posted by
|

Pemimpin punya peran sentral meski tersembunyi, dalam menciptakan mood masyarakat.

Entah, Anda mau dekati dengan “Emotional Intelligence”-nya mbah Goleman. Atau, gunakan “State Management” yang bisa dimodifikasi untuk “anchor” dalam NLP. Atau, malah sengaja masukkan “Perasaan sebagai Kunci Perubahan” yang banyak digagas oleh peneliti perubahan perilaku. Jangan lupakan juga, warisan mbah Stephen Covey atas “Rekening Tabungan Emosi”.

Kesemuanya bermuara pada “Pemimpin adalah Penyedia Harapan”.

Leader is Dealer of Hope.

Semakin pemimpin menyediakan bukti terpenuhinya harapan, semakin positif mood masyarakatnya.

Hari-hari ini, rasanya lebih mudah kita menemukan emosi negatif publik terhadap pemimpin dan kinerja pemerintahan. Padahal kita tahu, jumlah masyarakat ekonomi kelas menengah negeri ini jauh melampui apa yang pernah ada di 10 tahun pertama republik ini berdiri.
Dan, anehnya saya kadang jumpai keluhan dan kecemasan di sekitar, setidaknya itu yang dapat saya indra sejauh lingkaran pergaulan saya yang lebih dominan dengan rakyat kelas menengah dan ke bawah. Saya tidak tahu bagaimana dengan pergaulan Anda.

Yang jadi catatan, karena manusia bebas memilih termasuk memilih respon dalam ber-perasaan dan memilih makna atas apa yang terjadi. Maka, tidakkah mungkin mengembalikan mood publik di tengah berbagai dampak kebijakan yang terjadi?

Sedikit yang saya tahu, mood publik bisa kembali positif saat menemui “Keberhasilan jangka pendek”. Nah, ini yang bikin saya penasaran.

Adakah yang bisa membantu,
“Apa keberhasilan Presiden dan kabinet kerja ini, setelah sekian bulan melayani negeri?”

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.