Inspirasi Detik ini

Obatnya memang pahit, tetapi sebagai pasien saya membutuhkannya. — Rio Purboyo

Anti Miras

Posted by
|

Seorang pemimpin di ibukota negeri ini, dengan pongahnya berkata: ”Salahnya bir di mana? Ada enggak orang mati karena minum bir?”

PENTING, perhatikan hal-hal berikut!

1. Seandainya punya balita, cobalah untuk meminumkan bir kepada balita. Seperti apa akibatnya?

2. Bacalah paper berjudul “Peer Effects and Alcohol Use Among College Students” oleh Michael Kremer dan Dan Levy (2005) -Harvard University. Studi ini menunjukkan bahwa ketika mahasiswa laki-laki dipasangkan dengan teman sekamar yang pecandu minuman keras sejak di SMA, mereka mengalami penurunan prestasi belajar sampai rata-rata 25%.

3. Di Amerika antara 1980-1990an, dikenal istilah “Designated Driver”. Designated Driver adalah orang yang tidak minum bir selama pesta, sehingga bisa bertugas sebagai pengemudi ketika pesta selesai.

Jay Winsten -guru besar kesehatan masyarakat di Harvard- disebut sebagai inisiator gagasan ini. Dan terbukti, ide ini bisa mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas terkait dengan bir (minuman beralkohol). Tercatat penyelamatan nyawa sebanyak 6.000 orang dari tahun 1988 hingga 1992.

4. Jika niat si pemimpin adalah untuk meningkatkan pendapatan daerah, (hanya) setinggi itukah kualitas gagasan yang dimilikinya? Tidakkah terpikir cara lainnya?

5. Masih ingat kisah pemuda salih yang dipaksa memilih antara 3 hal: khamr, perempuan, dan bayi? Dipilihnya minum khamr.

Dan kita tahu seperti apa ujung kisahnya: tanpa kendali diri akibat minum itu, ia menzinahi si perempuan, dan tega diri untuk membunuh si bayi.

6. Data WHO menyatakan ada 3,3 juta orang meninggal akibat alkohol, per tahunnya. Angka itu, setara dengan kematian 1 orang tiap 10 detik.

antimiras fahira idris foto okezone e1428392252399 Anti Miras(foto: okezone.com)

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.