Inspirasi Detik ini

Kebelet adalah tanda dari badan untuk mengeluarkan. Seperti itu juga bakat/kekuatan pribadi kita. SEBELUM melakukan ada sinyal berupa keinginan menggebu untuk kerjakan, merasa larut SAAT di dalamnya dan cepat belajar begitu ada tantangan, serta menikmati rasa “lelah tapi puas” SETELAH selesainya. — Rio Purboyo

Rencana yang Lebih Akurat

Posted by
|

Menentukan Berapa Lama Sesuatu akan Berlangsung

Dalam penelitian yang mendalam terhadap pengelolaan waktu, Roger Buehler dari Universitas Wilfrid Laurier meminta mahasiswa mengajukan usulan kapan kira-kira mereka dapat menyelesaikan sebuah tugas esai yang penting. Para mahasiswa yakin mereka akan menyerahkan tugas, rata-rata 10 hari sebelum batas waktu yang ditentukan. Tetapi rupanya mereka terlalu optimis dan, pada kenyataannya, cenderung menyelesaikan esai tersebut hanya satu hari sebelum batas waktu. Efek ini, yang dikenal dengak sebutan “Kekeliruan Perencanaan” (Planning Fallacy), tidak terbatas hanya pada mahasiswa yang berusaha menyelesaikan esai tenggat waktu. Penelitian menunjukkan manusia punya kecenderungan kuat untuk menyepelekan berapa waktu yang dibutuhkan guna menyelesaikan sebuah proyek, dan khususnya, pengharapan orang yang bekerja dalam kelompok tidak realistis. Bahkan pada saat mereka berusaha bersikap realistis sekalipun, manusia cenderung membayangkan bahwa segala sesuatunya akan berjalan sesuai rencana sehingga tidak mempertimbangkan keterlambatan yang tidak terhindarkan dan tidak diharapkan, termasuk masalah-masalah yang datang tak terduga.

Namun demikian, penelitian Buehler juga menunjukkan adanya cara yang cepat dan efektif untuk mengatasi persoalan tersebut. Pada waktu dia meminta para mahasiswa itu agar mengingat saat mereka berhasil menyelesaikan tugas yang sama dahulu, jawaban yang mereka berikan untuk memenuhi batas waktu di masa mendatang terbukti jauh lebih akurat. Tampaknya, agar bisa mendapatkan perkiraan akurat mengenai waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek, Anda perlu memperhatikan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan tugas serupa di masa lalu.

Jika cara ini tidak berhasil, Anda selalu bisa mencoba teknik yang diteliti Justin Kruger dan Matt Evans di Universitas Illinois di Urbana-Champaign. Dalam beberapa penelitian mereka, partisipan membuat perkiraan berapa lama waktu yang akan mereka butuhkan untuk melakukan suatu kegiatan yang cukup rumit. Satu kelompok diminta mengira-ngira sendiri waktu yang dibutuhkan, sedangkan kelompok lain didorong untuk “membongkar” kegiatan tersebut menjadi beberapa bagian sebelum mengambil keputusan. Mereka yang membayangkan kegiatan “pembongkaran” ternyata berhasil membuat perkiraan waktu yang terbukti jauh lebih akurat dibandingkan partisipan lain. Jadi, guna mengetahui berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk melakukan sesuatu, sebelumnya pisahkan dulu seluruh langkah-langkah yang ada di dalamnya, baru kemudian perkirakan waktunya.

(sumber: Richard Wiseman “59 Seconds”)

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.