Inspirasi Detik ini

Jika Anda membuat seseorang bahagia hari ini, Anda juga membuat dia berbahagia dua puluh tahun lagi, saat dia mengenang peristiwa itu — Sydney Smith

Memelihara Pelanggan

Posted by
|

Pondasi Mendapatkan dan Memelihara Pelanggan Seumur Hidup

Bisnis, pada akhirnya terletak pada keputusan pelanggan. Itulah kenapa, menciptakan dan membuat pelanggan setia dengan terus berinteraksi dengan bisnis kita, adalah keinginan pebisnis mana pun. Dan, memelihara pelanggan bukan hanya urusan pemilik bisnis, CEO, jajaran direksi, atau manajer, tetapi juga tugas seluruh staf dan anggota dalam organisasi bisnis tersebut.

Pelanggan yang kecewa akan menceritakan pengalaman buruknya kepada teman-temannya. Solusinya? Menangkan hati pelanggan. Catatan berikut, adalah pondasi utama dalam melayani pelanggan. Selamat menerapkan.

1. Rahasia untuk memenangi dan memelihara pelanggan adalah dengan menghargai pelanggan itu.

2. Lupakanlah masalah menjual. Manusia suka membeli, tapi tak senang kalau seseorang menjual kepadanya. Pusatkanlah perhatian terhadap membatu pelanggan membeli apa yang terbaik baginya. Pelanggan terbesar yang pernah Anda menangkan adalah diri Anda sendiri. Sebab, penjual yang terbaik adalah penjual yang yakin dan percaya terhadap apa yang dijualnya.

3. Pembeli membeli dua hal, rasa bahagia dan solusi atas masalah yang dihadapinya.

4. Bila Anda melakukan kontak dengan pelanggan, bagi pelanggan tersebut Anda adalah perusahaan. Memberikan pelayanan prima tidaklah cukup. Dengan cara yang halus, Anda juga perlu menyadarkan pelanggan akan hebatnya pelayanan yang diterimanya itu.

5. Untuk memenangkan pelanggan, ajukanlah pertanyaan, “Kebutuhan apalagi yang masih belum terpenuhi?”

6. Dalam menangani (keluhan) pelanggan, ajukanlah pertanyaan, “Bagaimana caranya agar ia senang berinteraksi dengan saya?” Dan terapkanlah jawabannya.

7. Untuk memelihara pelanggan seumur hidup, ajukanlah pertanyaan, “Bagaimana pekerjaan kami?” dan “Bagaimana caranya agar kami bisa menjadi lebih baik?”

(sumber: Michael LeBoeuf, “How to Win Customers & Keep Them for Life”)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.