Inspirasi Detik ini

Karena, apa pun yg kita fokuskan akan bertumbuh. Maka semenit kita berfokus pada kekuatan kita, sama artinya dengan 60 detik kita menon-aktifkan kelemahan kita. — Rio Purboyo

Mitos 10.000 Jam

Posted by
|

Aturan ini menyatakan bahwa level latihan itu memegang rahasia besar bagi kesuksesan di bidang apa pun. Dan, gema ajaran ini, ada di berbagai situs web dan diujarkan dalam berbagai lokakarya perbaikan kinerja.

Saya tahu, ketenaran “Aturan 10.000 Jam” ini terjadi semenjak Malcolm Gladwell mengeluarkan bukunya “Outliers“. Dituliskannya, contoh penelitian Anders Ericsson yang menemukan bahwa pemain biola top di akademi musik terbaik sudah terlebih dulu melatih instrumen musik mereka selama 10 ribu jam. Sedangkan mereka yang baru berlatih sebanyak 7.500 jam cenderung menjadi pemain biola kelas dua. Lebih jauh, Gladwell menambahkan fenomena keahlian Beatles, keberhasilan Bill Gates sebagai cerita penguat “Aturan 10.000 Jam” itu.

Tapi, Daniel Goleman dalam karya terbarunya “Focus” menuliskan bahwa timbul masalah dari aturan itu.

Yakni: hanya separuhnya yang benar!

mitos 10000 jam e1427532886709 Mitos 10.000 Jam

 

Lebih lanjut Goleman mencontohkan jika Anda tidak becus bermain golf, dan melakukan kekeliruan yang sama setiap kali mencoba jenis pukulan tertentu, 10.000 jam melatih kekeliruan itu tidak akan meningkatkan permainan Anda. Anda masih saja tidak becus, meskipun sudah lebih senior.

Anders Ericsson, seorang pakar terkemuka dan psikolog dari Florida State University, yang penelitiannya menelurkan prinsip 10.000 jam, berkata pada Goleman:

“Anda tidak memperoleh manfaat dari pengulangan secara mekanis, tapi dengan berkali-kali melakukan penyesuaian dalam pelaksanaannya agar bisa makin mendekati tujuan Anda.”

Tambahnya, “Anda harus menyempurnakan sistem itu dengan mendorongnya, mengizinkan lebih banyak kesalahan pada awalnya, saat Anda meningkatkan batasan kemampuan Anda.”

Ericsson berpendapat bahwa rahasia kemenangan adalah “latihan yang dilakukan secara sadar”. Ini terjadi, ketika seorang Pelatih kawakan membawa Anda melewati pelatihan yang dirancang dengan baik selama berbulan-bulan atau sekian tahun, dan Anda mencurahkan konsentrasi penuh pada latihan tersebut.

Berjam-jam latihan diperlukan demi menghasilkan performa yang bagus, tapi itu saja tidak cukup. Ericsson menemukan bahwa -dalam studi yang ia lakukan, dalam hal ini adalah pemain biola tingkat atas- mereka melakukannya dengan konsentrasi penuh untuk meningkatkan aspek khusus dari penampilan mereka yang dapat diidentifikasi oleh seorang guru ahli.

Praktik ini, mencakup siklus umpan balik yang memungkinkan Anda mengenali kesalahan yang ada dan membenahinya. Idealnya, umpan balik itu datang dari orang yang memiliki “mata” yang ahli.Umpan balik itu penting, dan begitu juga konsentrasi; bukan sekedar jam-jam latihan.

Selamat berlatih! icon biggrin Mitos 10.000 Jam

(referensi: Daniel Goleman “Focus”)

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.