Inspirasi Detik ini

Sembilan puluh sembilan persen dari semua kegagalan berasal dari orang-orang yang punya kebiasaan berdalih. — George Washington Carver

Lihat, Rasakan, Lakukan Perubahan

Posted by
|

Mengubah sikap seseorang secara signifikan bisa menjadi tugas yang luar biasa berat. Apalagi, tugas raksasa untuk mengubah ratusan atau ribuan orang. Tapi, organisasi yang melompat ke masa depan berhasil melakukannya. Amatilah dengan cermat bagaimana mereka bertindak, maka Anda akan menemukan satu pola tertentu.

Mereka berhasil tanpa memandang tahapan di dalam keseluruhan prosesnya, sebab kegiatan mereka yang paling utama tidak berpusat pada pengumpulan data, analisis, penulisan laporan, dan presentasi formal; yang kesemua jenis tindakan itu biasanya ditujukan untuk mengubah pemikiran seseorang agar bisa mengubah cara mereka bersikap.

Sebaliknya, mereka secara meyakinkan menunjukkan kepada orang-orang apa saja masalahnya dan cara memecahkannya. Tindakan itu membangkitkan respon yang menyulut emosi yang dapat memotivasinya melakukan perubahan yang bermanfaat. Reaksi emosional itu lalu menyediakan energi yang bisa mendorong orang untuk terus mendesakkan perubahan ke depan, tak peduli seberapa pun besar rintangannya.

Seorang manajer pengadaan barang dan jasa, memulai perubahan dengan menciptakan presentasi yang dramatis. Bukannya menyajikan laporan tertulis mengenai pembelian sarung tangan, ia malah menumpuk 424 pasang sarung tangan dari jenis yang berbeda di atas meja direksi. Faktanya perusahaan itu telah membeli sarung tangan yang sama dengan lusinan harga berbeda, dengan lusinan pemasok yang berlainan.
(Baca kisahnya, di sini)

bejo ptpnX e1425945248617 Lihat, Rasakan, Lakukan Perubahan

Pada awalnya, orang-orang terkejut, lalu naluri berpuas diri yang mereka miliki menyusut, dan tombol urgensi untuk berubah tiba-tiba menyala.

Itu bukan sekedar soal data yang mengatakan bahwa diperlukan perubahan dalam proses pembelian, agar orang-orang mengubah cara mereka bersikap. Malah, terjadi sesuatu yang sangat halus tapi mendalam. Peristiwa itu menjadi suara nyaring yang menarik perhatian, di hari yang dipenuhi ribuan kata dan pengalaman. Kejadian itu menjadi sebuah lukisan, yang sulit dilepaskan dari ingatan dan membangkitkan perasaan bahwa kita harus melakukan perbaikan.

Sekarang!

PTPN X e1425945163470 Lihat, Rasakan, Lakukan Perubahan

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.