Inspirasi Detik ini

Yang kita inginkan sesungguhnya dari menulis secara rutin ialah aspek kedalaman
penguasaan. Kita jadi sadar bagaimana bakat kita muncul dan bagaimana ia bisa kita ubah jadi amalan unggulan, dengan berlatih, lagi dan lagi. Kita jadi mengerti betapa bakat yang ada bukanlah bakat yang matang, tapi bakat yang siap untuk dimatangkan. Inilah kepakaran yang sebetulnya.
— Rio Purboyo

Keberhasilan: Ilusi dan Musuh Perubahan

Posted by
|

Paradoks keberhasilan, keyakinan yang membantu kita untuk meraih keberhasilan hingga saat ini, ternyata justru dapat menghambat perubahan yang kita perlukan untuk meraih keberhasilan yang lebih besar.

Berikut ini empat keyakinan kunci, yang kerap ditemukan sebagai batu sandungan pada orang-orang yang telah berhasil, agar bisa meraih lebih banyak keberhasilan.

  • Saya sudah berhasil.
  • Saya bisa berhasil.
  • Saya akan berhasil.
  • Saya memilih untuk berhasil.

Keempat ilusi ini, menjadikan perubahan positif tidak terjadi. Karena, merasa telah berhasil menjadi ilusi yang menjebak untuk tetap mempertahankan kondisi saat ini. Bahkan meski sudah dalam kondisi berhasil sekali pun, pintu perbaikan masih tetap terbuka untuk dimasuki.

Tentu kita sadar, seseorang hanya akan melakukan suatu perubahan dengan senang hati bila ia merasa akan memperoleh hasil yang dianggap baik dengan melakukan hal itu. Karenanya ketika saya dipercaya menjadi “Personal Coach”, untuk mendampingi perbaikan kualitas hidup seseorang, saya perlu untuk membantunya mengenali musuh perubahan. Dan kemudian bersama-sama, kita merancang agenda perbaikan satu demi satu.

Dari berbagai literatur, saya temukan ada lima musuh perubahan. Yakni:

1. Ketidaksabaran.

“Saya tidak menduga proses ini akan memakan waktu lama. Saya menjadi tidak yakin dengan hasilnya.”

Kebiasaan yang terbentuk sekian bulan tidak mungkin dapat dihentikan dalam semalam. Sesuatu yang belum pernah Anda lakukan pun, tidak mungkin dapat Anda kuasai dalam sehari. Yang saya tahu, perubahan tiba-tiba sepertinya hanya bisa terjadi dalam mitos cerita rakyat, misalnya kisah Raden Bandung Bondowoso yang membangun seribu candi dalam semalam. Dalam menetapkan kerangka waktu untuk mengupayakan perubahan perilaku, kita perlu mengakui bahwa waktu memiliki pengaruh penting, itu jika kita ingin memperoleh hasil yang langgeng. Karenanya, di tiap workshop “Public Speaking Magically” yang diselenggarakan, 22-23 Agustus 2015 ini, PR bagi para peserta adalah menajamkan ketekunan berlatih.

 

2. Ketidaktabahan.

“Ini jauh lebih sulit dari perkiraan saya.”

 

3. Gangguan Pengalih Perhatian.

“Saya benar-benar ingin upayakan hal ini, tetapi saya sedang hadapi masalah pelik. Saya akan berhenti untuk sementara dan akan melanjutkannya lagi nanti, setelah kondisi menjadi lebih baik.”

 

4. Keinginan untuk Mendapatkan Imbalan.

“Sejak awal, saya memang tidak yakin bahwa hal ini akan berhasil. Saya sudah mencobanya, tapi hasilnya tidak terlalu bagus. Seperti dugaan saya, hal ini membuang-buang waktu saja!”

 

5. Lemahnya Pemeliharaan.

“Saya pernah berhasil, tapi sekarang semuanya kembali seperti sebelumnya. Apakah saya harus terus berusaha sepanjang hidup saya?”

Ingatlah, mempertahankan sesuatu bisa jadi lebih sulit daripada meraihnya. Meski telah berhasil mencapai tujuan, kita mungkin belum siap menghadapi kenyataan mengenai apa saja yang diperlukan untuk memperhatikan keadaan yang baru. Perubahan yang dilakukan secara tergesa-gesa, jarang memberikan hasil yang langgeng. Godaan untuk kembali menjadi seperti sebelumnya, pasti akan sering muncul. Jadi tidak heran, bila perubahan dengan hasil yang langgeng mungkin akan memerlukan usaha terus-menerus. Dan, di sinilah seni memperbaiki kualitas hidup.

Selamat berlatih. icon smile Keberhasilan: Ilusi dan Musuh Perubahan

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.