Inspirasi Detik ini

Sahabat terbaik dari kebenaran adalah waktu, musuh terbesarnya adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati — Caleb Charles Colton

Lima Tahap Kesediaan Berubah

Posted by
|

Kemahiran, kinerja tinggi, unconscious competence. Seseorang mampu melakukan sesuatu dengan tingkat kelancaran tinggi, tanpa kesulitan yang berarti. Tentu banyak sebab, mengapa seseorang tidak mengimplementasikan apa yang mereka ketahui menjadi kinerja nyata. Salah satu sebab mendasarnya, adalah ketidaksiapan berubah. Wajarnya,manusia mempersepsikan perubahan dengan guncangan, rasa stress, dan mungkin bingung karena ketiadaan kepastian.

Menurut Bruce Fern dan Herb (dalam Lepsinger, 2010: 142), ada lima tingkat kesediaan melakukan perubahan. Yaitu: tidak ada niat berubah,mempertimbangkan perubahan, merencanakan dan mempersiapkan perubahan, bertindak nyata, dan menjadi kebiasaan.

Pertama, tidak ada niat berubah.

Ini adalah tahapan di mana tidak ada niat untuk berubah dalam waktu dekat. Sebenarnya banyak orang pada tahap ini tidak menyadari kebutuhan untuk berubah. Dalam tahap ini, seseorang bukannya tidak melihat solusi, melainkan ia tidak melihat masalah. Penolakan mengenai keperluan untuk berubah atau mengubah perilaku merupakan tanda dari tahapan ini.

Kedua, mempertimbangkan perubahan.

Di sini orang menyadari kebutuhan untuk berubah dan dengan serius mempertimbangkannya, tetapi belum membuat komitmen untuk mengambil tindakan. Ia tahu apa yang ingin ia lakukan dan ke mana ia harus menuju, tetapi ia belum siap. Orang bisa terjebak dalam tahap ini dalam waktu lama. Dalam suatu penelitian, sekelompok dua ratus perokok tetap dalam tahap mempertimbangkan selama dua tahun dan tidak pernah bergeser ke tindakan yang signifikan. Orang pada tahap ini menimbang pro dan kontra melakukan perubahan dan berusaha keras menimbang aspek positif jika tetap seperti sekarang dan biaya/ongkos jika berubah.

Ketiga, perencanaan dan persiapan.

Pada tahap ini, seseorang berniat mengambil tindakan segera dan bahkan mungkin telah berupaya mengubah perilaku mereka baru-baru ini. Dirasa tidak bijaksana mempersingkat waktu yang digunakan dalam tahap ini, karena mempertimbangkan bagaimana cara Anda membuat perubahan dan mempertahankan perilaku guna meningkatkan kemungkinan sukses. Pada tahap ini, seseorang mungkin menunjukkan beberapa perubahan kecil tetapi mereka belum mencapai titik yang mereka tuju dalam perjalanan. Misalnya, perokok mengurangi rokoknya, atau menunda merokok pertamanya beberapa menit/jam. Tetapi itu belumlah tujuan akhir perubahan, sesungguhnya yang mereka kehendaki adalah berhenti total merokok.

Keempat, bertindak nyata.

Di sini, seseorang memperlihatkan perilaku yang dikehendaki. Hal ini melibatkan perubahan perilaku yang paling nyata dan membutuhkan komitmen yang besar. Tahap ini bukan merupakan perubahan yang nyata, meskipun orang sering salah menduga seperti itu. Dengan demikian, ia mengabaikan pekerjaan yang perlu dituntut untuk mempertahankan orang pada tahap ini dan mendorong mereka mempertahankan perubahan perilaku ini.

Kelima, kebiasaan.

Pada tahap ini orang menginternalisasikan pentingnya mengubah perilaku dan memiliki kepercayaan atas kemampuannya menggunakan kebiasaan baru secara efektif. Pada tahap ini, perilaku baru tidak banyak membutuhkan pikiran sadar. Dia telah menjadi sesuatu yang dengan mudah Anda lakukan, atau menjadi second nature.

“Shibghah Allah. Dan siapakah yang lebih baik shibghahnya daripada Allah? Dan hanya kepada-Nya-lah kami menyembah.”
(QS. Al-Baqarah: 138)

 

NB:

Apa perubahan positif yang ingin Anda wujudkan tahun ini?

Hubungi 0857-84-450-450, ketika Anda membutuhkan seorang Coach untuk mendampingi peningkatan kualitas hidup Anda.

 

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.