Inspirasi Detik ini

Kebanggaan dan percaya diri terbesar adalah bukan karena tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali jatuh. — Confusius

Jaga Nyala Harapan

Posted by
|

Ketika membangun keyakinan baru, tantangan terdekat yang paling mungkin muncul adalah ketersediaan bukti.

Apakah perubahan keyakinan yang ditanamkan, bisa memberikan hasil dalam waktu (relatif) dekat?

Kita memaklumi pertanyaan itu, sebab pikiran kita memang memiliki mekanisme “ketagihan”, selain faktor kebiasaan tubuh yang butuh waktu untuk dibongkar ulang.

proses perubahan e1414542490634 Jaga Nyala Harapan

Setelah melalui tahap pembuktian-pembuktian kecil, yang oleh para pakar perubahan disebut dengan istilah “small winning”. Etape berikutnya, adalah pembuktian apakah perubahan cetak biru (keyakinan) itu, mampu mengatasi serangkaian realitas dan harapan yang terus berubah. Di sinilah, peran stamina (fisik, kognitif, emosi, dan jiwa) sungguh dibutuhkan. Perlu, menjaga stamina agar tidak kehabisan tenaga untuk menuntaskan perubahan, karena janji untuk memperbaiki kualitas hidup sebagian belum dapat diwujudkan.

Penuntasan perbaikan perlu pendampingan secara intensif, karena di masa pergantian (transisi, pancaroba, adaptasi) inilah keyakinan dan kebiasaan lama bisa muncul kembali -di mana sebelumnya ia telah dihancurkan- sementara keyakinan dan kebiasaan baru belum dapat terbangun sempurna, sehingga belum mampu mewujudkan hasil seperti yang diharapkan.

Dalam proses pendampingan ini, saya percaya kita lebih membutuhkan kesediaan untuk memimpin (diri). Karena hanya seorang pemimpin, yang berani memecah kebuntuan kebiasaan dan sekaligus tetap bersabar menjaga stamina harapan.

Harapan, memang cahaya penunjuk arah.
Teruslah berharap, jangan tergoda untuk putus asa!

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.