Inspirasi Detik ini

Yang bekerja penuh sukacita karena kecintaan terhadap aktivitasnya, lebih mudah menemukan cara dan sarana atasi tantangan di sepanjang perjalanan. Ia pun menjadikan aktivitasnya “enak” diperhatikan sesama, patut diteladani, dan menjadi bagian dari kemajuan peradaban.

Memperbaiki Pertanyaan

Posted by
|

Saat Anda mengubah pertanyaan, jawaban pun berubah. Jika ada seorang siswa bertanya, “Bagaimana caranya saya mendapatkan nilai yang lebih baiik?” Pertanyaan ini bukanlah cara yang paling efektif menuju nilai belajar yang lebih tinggi. Ada pertanyaan yang lebih baik daripada itu. Yaitu, “Bagaimana saya bisa belajar untuk berpikir lebih baik dan paham lebih mendalam?” “Bagaimana saya bisa meningkatkan keingintahuan saya?” Kedua pertanyaan terakhir, jauh lebih membangun.

Mari kita ambil sebuah contoh, berlalu lintas.

Ketika terjebak (dan mungkin frustasi) di kemacetan lalu lintas yang bergerak merayap lambat menyebalkan, Anda bertanya-tanya –mungkin dalam bahasa yang lebih emosional– “Bagaimana caranya mengatasi masalah lalu lintas ini?”

 

bertanya e1411348080661 Memperbaiki Pertanyaan
Jawabannya mudah, tapi tidak praktis: lancarkan arus lalu lintas dengan melebarkan jalan atau membangun jalan baru. Tapi kecuali Anda adalah presiden atau gubernur, Anda tidak bisa membuat kedua solusi itu terjadi. Jadi tingkat frustasi Anda bertambah, bersamaan dengan tekanan darah Anda! Pertanyaan Anda bukanlah pertanyaan yang bagus.

Sebaliknya, bertanyalah, “Karena saya akan menghabiskan tambahan waktu 30 menit di jalan raya, bagaimana saya bisa menggunakan waktu itu dengan efektif?”

Sekarang Anda mengajukan pertanyaan yang produktif. Anda mungkin mempertimbangkan membaca buku atau mendengarkan perkembangan berita terbaru dari radio atau mendidik diri dengan membaca situs pengembangan diri, seperti di sini icon smile Memperbaiki Pertanyaan

Terapkan latihan ini kapan pun Anda membutuhkannya. Anda bisa membuat variasi pertanyaan efektif lainnya, misal:

“Bagaimana saya bisa lebih baik mengelola waktu?”

“Bagaimana saya bisa memikat pelanggan potensial dalam sepekan ini?”

“Bagaimana saya bisa menghentikan kebiasaan buruk?”

Kuncinya adalah membuat pertanyaan yang lebih fokus, yang memungkinkan mengarah pada kesimpulan yang produktif. Cobalah untuk menciptakan pertanyaan yang menyingkapkan asumsi tersembunyi, menjernihkan masalah, dan mengarah pada tindakan.

 

Comments

  1. yasid

    September 29, 2014

    Menginspirasi Mas.
    Bagus….Syukron limunya.
    Izin share ya mas Rio

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.