Inspirasi Detik ini

Jika Anda membuat seseorang bahagia hari ini, Anda juga membuat dia berbahagia dua puluh tahun lagi, saat dia mengenang peristiwa itu — Sydney Smith

Saat Presentasi Anda Ditolak

Posted by
|

Setelah memahami kekuatan struktur presentasi “Mas Jantung”. Anda perlu bersiap jika suatu waktu mengalami penolakan. Bahkan presentasi terbaik pun, berpeluang untuk tidak diterima.

John Collins menulis dalam bukunya, Good to Great, bahwa salah satu praktik terbaik yang dilakukan perusahaan terbaik adalah kesediaan mereka untuk mengumpulkan data, menganalisisnya, dan “menghadapi fakta yang kejam”. Kedengarannya sederhana. Tapi, berdasarkan fakta dan pengalaman selama ini, lebih banyak pihak yang enggan membicarakan bagian yang terakhir itu. Karena -penolakan- itu adalah “kebenaran yang tidak menyenangkan”.

Maka, ketika menggunakan struktur “Mas Jantung”, kita harus selalu sadar bahwa pendapat pendengar jauh lebih penting daripada sekedar pendapat kita sendiri. Hal yang mendasarinya adalah aspek kredibilitas. Akan ada saatnya, kita membahas aspek kredibilitas secara lebih mendalam. Tapi untuk saat ini, jawaban dari pertanyaan berikut patut Anda temukan.

“Bagaimana pendengar memandang Anda?”

“Apakah Anda memiliki kredibilitas?”

Jika Anda berhasil melewati tantangan kredibilitas, dengan kata lain Anda layak dipercaya dan disukai sebagai seorang pembicara; maka pendengar akan duduk dengan nyaman dan menyimak Anda dengan seksama.

presentasi gagal 300x199 Saat Presentasi Anda Ditolak

Anda perlu menyeimbangkan dua faktor utama kredibilitas:

1) kebutuhan Anda untuk tampil sebagai seorang “penjual” ide yang berkomitmen tinggi membela kemanfaatan sebuah gagasan. Dan

2) obyektivitas Anda sebagai ahli (seorang yang lebih memahami) yang telah mempertimbangkan segala segi dari permasalahan yang ada.

Di bawah ini, dua kiat terbaik, untuk mengimbangi kedua faktor kredibilitas, terutama ketika Anda melakukan presentasi kepada pendengar yang menaruh perhatian dan termasuk kelompok berpengetahuan.

Tampilkan Kedua Sisi.

Seorang mantan CEO bercerita, bagaimana ia pertama kali bergabung dengan perusahaan multinasional, sebagai seorang penjual yang antusias dan dinamis. Tapi, pada akhir sebuah presentasi, bosnya terpaksa harus berbicara kepadanya.

“Teman-temanmu tidak percaya kepadamu,” kata bos.

“Mengapa?” dia bertanya, sekaligus terkejut dengan umpan-balik yang tanpa basa-basi itu.

“Karena, saat kau masuk untuk memberikan presentasi sebuah ide,” lanjut bosnya, “kau memberikan semua alasan mengapa ide tersebut harus terwujud, tapi tidak memberikan alasan mengapa ide itu tidak bisa terwujud. Kau tidak pernah menampilkan kedua sisi.”

Ia pun menerima nasihat ini dan mengubah strategi penjualan idenya.

Berikutnya, pertimbangkan hal ini.

Curilah Perhatian Mereka

Anda tahu, bias –menyimpang karena hanya menampilkan satu sisi dan biasanya tidak berimbang. Ketika pendengar Anda menganggap bahwa Anda bias, Anda telah kehilangan kredibilitas, terutama ketika ada argumentasi kuat yang melawan pandangan Anda dan Anda bertindak seolah-olah argumentasi itu tidak ada. Jangan takut, untuk merangkul pendapat teman bicara Anda. Rangkumlah ide-ide dasar yang paling kuat yang menentang ide Anda, lalu tangani hal itu satu demi satu. Mencuri perhatian teman bicara dengan merangkul pendapat mereka, justru akan menambah kredibilitas pada presentasi Anda.

Selamat berlatih!

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.