Inspirasi Detik ini

Kebahagiaan Anda tumbuh berkembang manakala Anda membantu orang lain. Namun, bilamana Anda tidak mencoba membantu sesama, kebahagiaan akan layu dan mengering. Kebahagiaan bagaikan sebuah tanaman, harus disirami setiap hari dengan sikap dan tindakan memberi — J. Donald Walters

Pemahaman Mendalam

Posted by
|

Apakah Anda benar-benar mengetahui hal-hal mendasar?

Pertimbangkan satu topik yang Anda pikir Anda tahu atau satu topik yang Anda coba kuasai. Buka dokumen kosong di komputer Anda, atau ambil kertas kosong. Tanpa merujuk sumber-sumber luar, tulis kerangka rinci dari dasar-dasar topik itu. Bisakah Anda menulis deskripsi yang logis, akurat, dan lengkap (utuh) mengenai dasar-dasar topik, atau apakah pengetahuan Anda berlubang-lubang? Apakah Anda kesulitan untuk memikirkan contoh inti? Apakah Anda gagal melihat keseluruhan gambaran besar yang menyatukan potongan-potongan? Sekarang bandingkan upaya Anda dengan sumber di luar (bacaan rujukan, internet, para ahli, atasan Anda). Ketika Anda menemukan kelemahan pada pemahaman Anda mengenai hal mendasar, ambillah tindakan. Pelajari hal-hal mendasar secara tertib. Pahami benar setiap lubang yang Anda isi dan juga wilayah sekitarnya. Jadikan wawasan baru itu sebagai bagian pengetahuan dasar Anda dan hubungkan dengan bagian-bagian yang sudah Anda pahami.

Ulangi latihan ini secara teratur sementara Anda mempelajari aspek lebih maju pada subjek tersebut (dan simpan upaya Anda sebelumnya sehingga Anda bisa melihat ke belakang dan melihat sejauh mana Anda telah maju). Setiap kali kembali ke dasar, Anda akan memperdalam pemahaman Anda tentang seluruh permasalahan.

(sumber: The 5 Elements of Effective Thinking)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.