Inspirasi Detik ini

Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis; dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum — Mahatma Gandhi

Kesadaran Diri

Posted by
|

Hadir, merasa berada sepenuhnya pada satu lokasi di satu waktu. Seseorang yang “hadir”, berarti berada dalam keadaan ketika dirinya sadar sepenuhnya dan memperhatikan keadaan dirinya beserta segala sesuatu di sekitarnya saat itu.

Apakah Anda sering berada dalam mode autopilot (bekerja secara otomatis)? Apakah Anda merasa tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan tugas-tugas Anda? Apakah Anda sering merasa heran, karena tiba-tiba memecahkan, atau menumpahkan, atau kehilangan sesuatu?

Semua itu, tanda-tanda “kehadiran” yang rendah. Menurut Marshal Goldsmith, pada skala 1 sampai 6, dengan 6 mewakili tingkat kehadiran tertinggi, tingkat kehadiran rata-rata sebagian besar orang dalam hal kesadaran diri adalah sekitar 3,5.

Tahukah Anda, bahwa kehadiran merupakan suatu keterampilan yang sangat bermanfaat, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial. Keterampilan ini dapat diasah atau ditumpulkan oleh berbagai factor. Dalam kehidupan pribadi, kemampuan menghadirkan diri berhubungan erat dengan tingkat perhatian terhadap perasaan atau emosi diri. Dalam lingkup sosial, berkarier misalnya, keterampilan ini menjadikan kita lebih mampu mengendalikan dorongan-dorongan yang merugikan dalam interaksi interpersonal, seperti memotong pembicaraan orang lain dan kurang memperhatikan perkataan orang lain.

refleksi diri Kesadaran Diri

Angket Kesadaran Diri

Kita bisa menggunakan angket yang dibuat oleh Marshall Goldsmith, untuk mengetahui pada skala berapa “kesadaran diri” kita.

Berikut adalah kumpulan pernyataan tentang pengalaman sehari-hari Anda. Dengan skala 1-6, tunjukkan seberapa sering Anda mengalami setiap pengalaman berikut. Jawablah sesuai dengan pengalaman Anda, bukan pengalaman yang ingin Anda alami. Setiap pernyataan tidak berhubungan dengan pernyataan lain. Selamat mengerjakan!

1 = Hampir selalu

2 = Sangat sering

3 = Cukup sering

4 = Cukup jarang

5 = Sangat jarang

6 = Hampir tidak pernah

- – -

1. Saya dapat mengalami suatu gejolak perasaan yang baru saya sadari beberapa saat kemudian.

2. Saya menjatuhkan atau menumpahkan sesuatu karena ceroboh, tidak memperhatikan, atau memikirkan hal lain.

3. Saya sulit berkonsentrasi pada masalah yang tengah saya hadapi.

4. Saya berjalan dengan cepat menuju tempat tujuan tanpa memperhatikan hal-hal yang terjadi di sepanjang jalan.

5. Saya tidak merasakan ketegangan fisik atau ketidaknyamanan sebelum hal itu benar-benar menyita perhatian saya.

6. Saya tidak ingat pada nama seseorang yang baru beberapa saat yang lalu diperkenalkan kepada saya.

7. Saya seperti bekerja “secara otomatis” tanpa menyadari apa yang sedang saya kerjakan.

8. Saya melakukan sesuatu dengan terburu-buru tanpa memperhatikan apa yang saya lakukan.

9. Saya akan bekerja keras untuk meraih sesuatu yang saya cita-citakan kendati saya harus mengorbankan hal-hal yang penting sehubungan dengan upaya saya untuk meraihnya.

10. Saya sudah sangat terbiasa melakukan pekerjaan saya sehingga saya dapat menyelesaikannya kendati tengah memikirkan hal yang lain.

11. Saya mendengarkan seseorang sambil melakukan kegiatan lain agar waktu saya efisien.

12. Saya pergi ke suatu tempat begitu saja, kemudian ketika di sana, saya justru bertanya-tanya mengapa saya pergi ke sana.

13. Saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan masa depan dan masa lalu.

14. Saya mendapati diri saya melakukan banyak hal tanpa memperhatikan hal-hal itu.

15. Saya memakan jajanan tanpa sadar bahwa saya sedang makan.


Penilaian:

Hitunglah skor rata-rata Anda. Semakin tinggi skor tersebut, semakin tinggi tingkat perhatian Anda terhadap segala sesuatu yang sedang Anda alami.

(sumber: “What Got You Here Won’t Get You There in Sales!”, Marshall Goldsmith”)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.