Inspirasi Detik ini

Masing-masing dari kita memberikan contoh bagi orang lain, dan setiap dari kita memiliki tanggung jawab untuk membentuk masa depan sebagaimana yang kita inginkan. — Mahatma Gandhi

Puasa Pertama

Posted by
|

Selalu ada pengalaman yang pertama kalinya.

“Masihkah Anda ingat, kapan terakhir kali Anda (latihan) berpuasa?”

Anak-anak pun, patut turut bergembira dengan kehadiran bulan Ramadhan. Jika saya dulu, tergila-gila dengan agenda patrol keliling desa untuk membangunkan tetangga bersahur. Anak-anak digital masa kini, mungkin masih bisa melakukannya dengan memencet tombol gadget sebagai “miss call” ke teman-teman sebayanya. Sesudah santap sahur, segera keluar rumah sambil berlari kecil, berlomba menuju masjid untuk ambil air wudhu. Kericuhan bisa terjadi, saat air kran menjadi sasaran kreativitas bocah, dengan menjadikannya sebagai senjata pertempuran laut. Jadilah, sholat subuh sambil kedinginan, he he he.

Kebersamaan itu, bisa terus berlangsung hingga ke permainan fisik anak-anak di pagi hari. Bentengan dan gobak sodor adalah contoh permainan favorit. Jika beruntung, mas-mas yang lebih dewasa, akan mengajak anak-anak yang dianggap pemberani, untuk menjajal tes adrenalin. Apa itu? Menyalakan mercon bumbung.

Bumbung, bambu ukuran besar yang terlebih dulu dilubangi di bagian tengah antar bukunya. Untuk kemudian dimasukkan sedikit air dan karbit. Tepat di atas cairan karbit itulah, tersedia lubang kecil untuk menyalakan api dan kemudian terdengarlah suara yang menggelagar.

“Keren!” Pikir saya, saat itu.

Ah, omong-omong. Kapan terakhir kali, putra-putri Anda mulai berlatih puasa?

nb)
foto di bawah, adalah putra saudara dekat. Sedang berbuka puasa saat dhuhur, yang kemudian diteruskan berpuasa hingga nanti maghrib.
“Horee!” teriaknya, gembira.miqdad berbuka 300x225 Puasa Pertama

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.