Inspirasi Detik ini

Keberhasilan bukanlah kunci untuk mencapai kebahagiaan, tetapi kebahagiaan adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda akan mencapai keberhasilan. — Albert Schwietzer

Energi Jiwa

Posted by
|

Karya-karya besar atau kontribusi yang berlimpah, sudah pasti akan membuat hidup kita sarat beban dan tanggung jawab;pasti akan menguras seluruh energi kita; pasti akan sangat melelahkan; dan pasti akan membuat hidup kita di bawah tekanan dan stress berkepanjangan. Itu sebabnya, tidak banyak orang yang bisa sukses di sini. Itu sebabnya banyak orang yang gugur di perjalanan. Sebab, tidak banyak orang yang mempunyai energi jiwa yang cukup untuk memikul beban dan tanggung jawab berat itu.

Kita hanya bisa konsisten dan bertahan di puncak apabila kita memiliki energi jiwa yang dahsyat. Orang-orang yang pernah sukses dan konsisten hingga akhir hayat mereka membuktikan kepada kita, bahwa energi besar yang mereka miliki ternyata bersumber dari ingatan mereka yang tak pernah lepas dari hari akhirat. Mereka selalu teringat pada akhir dari akhir kehidupan yang sesungguhnya. Kematian adalah akhir dari kehidupan dunia. Akan tetapi, surga dan neraka adalah bagian paling akhir dari seluruh perjalanan kita di akhirat.

Ingatan kepada surga melahirkan kerinduan yang bertalu-talu kepada seluruh kenikmatan yang disediakan Allah SWT untuk para penghuninya. Sementara, ingatan kepada neraka melahirkan ketakutan dan kecemasan kepada seluruh siksaan yang disediakan Allah SWT untuk para penghuninya.

Kerinduan kepada surga akan melahirkan energi jiwa yang dahsyat untuk melakukan kebaikan, sementara ketakutan kepada neraka akan memberi kekuatan mengendalikan diri untuk tidak melakukan kejahatan. Kerinduan kepada surga melahirkan harapan, ketakutan kepada neraka melahirkan kecemasan. Harapan dan kecemasan adalah dua sayap yang memberikan dorongan sama kuat untuk terbang jauh ke angkasa cita-cita hidup kita.

(sumber: Anis Matta, bab: Konsistensi “8 Mata Air Kecemerlangan”)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.