Inspirasi Detik ini

Sahabat terbaik dari kebenaran adalah waktu, musuh terbesarnya adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati — Caleb Charles Colton

Konsumen 2.0: Tujuh Panduan bagi Profesional Pemasaran

Posted by
|

Dalam budaya generasi digital dan pengalaman mereka dengan konsumen, Anda akan menemukan nilai-nilai, hubungan-hubungan, dan model-model pemasaran baru khas abad ke-21 untuk perusahaan Anda. Berikut ini tujuh aturan untuk memandi perencanaan pemasaran Anda.

  1. Jangan berfokus pada pelanggan-pelanggan Anda, rangkullah mereka. Ubah mereka menjadi prosumer-prosumer untuk barang-barang dan jasa Anda. Kaum muda ingin berinovasi bersama Anda. Biarkan mereka menyesuaikan nilai Anda. Bersikap terbuka dengan produk-produk dan jasa Anda. Ingat, “Jika Anda tidak dapat membukanya, Anda tidak dapat memilikinya.”
  2. Jangan ciptakan produk dan jasa, ciptakan pengalaman pelanggan. Tambahkan nilai ke dalam penawaran Anda untuk memberi mereka pengalaman yang lebih kaya dan menggunakan web untuk memudahkan penyampaian nilai baru Anda.
  3. Kurangi iklan melalui media siaran secara radikal. Sebagian besar iklan di televisi dan banyak iklan di radio serta media cetak merupakan pemborosan waktu, energi, tinta, uang, dan electron. Alihkan “Pengeluaran Komunikasi  Pemasaran” Anda ke media digital.
  4. Kembangkan strategi untuk bergabung ke dalam jaringan N-Fluence. Tiga kunci utama pemasaran ke Generasi Internet adalah penyampaian informasi dari mulut ke mulut, dan selanjutnya Anda akan tahu sendiri apa yang harus diperbuat.
  5. Kaji kembali merek Anda. Merek tidak lagi sekedar sebuah janji, citra, atau lencana –karena bagi banyak perusahaan itu harus menjadi sebuah hubungan.
  6. Masukkan integritas ke dalam DNA organisasi Anda dan ke dalam kampanye pemasaran Anda. Kejujuran, perhatian, akuntabilitas, dan transparansi adalah landasan kepercayaan untuk generasi ini. Jadilah autentik dalam segala sesuatu yang Anda perbuat.
  7. Giring generasi internet ke dalam pusat kampanye pemasaran Anda. Mereka memiliki peran penting lebih dari dominasi mereka dalam demografi. Mereka memengaruhi semua generasi lebih daripada sebelumnya. Prinsip 4P –product, place, price, promotion– tidak memadai sebagai kerangka kerja guna menangani konsumen masa mendatang. Gantikan dengan ABCDE pemasaran: anyplace, brand, communication, discovery, dan experience.

(sumber: Don Tapscott, “Grown UP Digital”)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.