Inspirasi Detik ini

Taubat bermakna kitalah yang paling berhak & berkewajiban mengintrospeksi
diri sendiri. Taubat pun berarti lakukan perbaikan berkelanjutan. Tiada
jalan menuju kesempurnaan -yang lebih lurus & lebih cepat- selain usaha perbaikan berkesinambungan. Itu semua sama maksudnya menantang kita untuk tetap memastikan bahwa diri kita tidak pernah berhenti bertumbuh, cepat atau lambat.
— Rio Purboyo

Bingkai Kehidupan

Posted by
|

1. Tiap kejadian punya berbagai makna, bergantung pada kerangka acuan dalam memahami -dan sekaligus menilai- kejadian itu.

2. Makna yang kita pilih untuk memaknai suatu kejadian, adalah makna yang kita ciptakan. (Sadar atau tidak; sengaja, terbiasa, ataupun terlanjur)

3. Membingkai ulang adalah mengubah pengalaman, anggaplah “bernilai” negatif lalu jadi positif, dengan cara mengubah kerangka acuan yang kita gunakan untuk memahami kejadian itu.

4. Membingkai ulang isi, dilakukan dengan ajukan pertanyaan, “Apa makna lain dari kejadian ini?” “Bagaimana hal ini, akan bisa menguntungkan?”

5. Membingkai ulang konteks, dilakukan dengan ajukan pertanyaan, “Di tempat atau waktu yang berbeda, bagaimana hal ini akan bisa menguntungkan (memberi manfaat)?”

- – -
Beberapa prinsip yg berlaku…

1. “Bahasa ialah pembentuk realita”

2. “Apa yang kita fokuskan, akan bertumbuh”

3. “Seseorang melihat, apa yang ingin dia lihat”

- – -
Karena hidup adalah perjalanan makna demi makna. Maka akan sangat baik, ketika kita menggunakan tafsir langit sebagai lensa memaknai peristiwa bumi.

Semoga khusnul khotimah!!!

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.