Inspirasi Detik ini

Benarkah istirahatnya para pewaris surga adalah ketika mereka sudah menginjakkan kakinya di surga? — Rio Purboyo

Anak Bertanya

Posted by
|

Seorang bocah, kira-kira berusia 9 tahun, bertanya ke seorang pakar apakah (kemajuan) teknologi membawa dampak baik.

“Kamu tahu, teknologi itu pada dasarnya netral. Seperti palu, ia bisa digunakan untuk membangun dan memperbaiki rumah, atau malah menghancurkan rumah seseorang. Palu itu sendiri cuek saja, ndak peduli bagaimana ia digunakan. Selalu tergantung pada kita, pilih gunakan untuk kebaikan atau sebaliknya.”

Di sore harinya…

anak ingin bertanya Anak Bertanya

Bocah itu, lagi-lagi bertanya, kenapa ia perlu belajar geografi dan sejarah.

Seorang ahli, menyampaikan bahwa dari geografi kita belajar ruang, lokasi, dan pemetaan. Sementara dari sejarah, kita belajar tentang waktu, kejadian, kumpulan peristiwa.

“Dalam kehidupan, inilah unsur-unsur esensi itu: manusia, ide, ruang, dan waktu. Panggung hidupmu berlokasi di muka bumi, dengan pelaku bernama manusia, berdurasi hidup sepanjang usia, adapun skenario kehidupan disusun atas narasi, ide-ide.

Ketika kau menelisik sejarah, akan kau pahami serial kejadian secara berurutan dengan lakon seseorang/sekelompok orang, yang bergulat dengan sebuah narasi, selama kurun waktu, demi pemenuhan tujuan tertentu.

Dari kisah pribadi hingga peradaban, esensinya tak banyak berubah: sejarah selalu berulang.”

Lantas, darimana kubelajar ide-ide kehidupan pribadi hingga peradaban, tanya si bocah kembali.

“Dari agama. Seperti kompas, ia berfungsi sebagai penunjuk arah. Selain itu, ia memberi kepastian berupa tafsir atas aneka kejadian dalam hidupmu, bahkan hidup orang-orang sebelum dan sesudahmu. Keterarahan, kepastian, dan ketenangan; tiga hal yang menjadi kebutuhan dasar hidupmu.

Sekiranya kau ingin mendesain ulang hidupmu, mulailah dari memperbaiki bahasamu. Sebab, bahasa ialah penyusun realita manusia. Semakin baik dirimu berbahasa, semakin jernih dirimu memaknai apa yang sedang terjadi, makin cepat dirimu memusatkan perhatian pada solusi di atas akar masalah yang ada, bahkan kamu akan menjadi pribadi yang mudah disetujui.

Omong-omong, untuk apa kautanyakan itu semua?”

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.