Inspirasi Detik ini

Inti kehidupan ialah menemukan apa yang benar-benar Anda cintai, lalu membuat pengalaman hidup sehari-hari menjadi berharga. — Denis Waitley

Kemampuan Pribadi Kreatif

Posted by
|

Pribadi kreatif berarti pribadi yang mampu melakukan kerja-kerja kreatif. Sementara kerja kreatif mensyaratkan penerapan dan penyeimbangan tiga kemampuan dasar. Yakni sintesis, analisis, dan praktis.

Kemampuan sintesis biasanya kita sebut juga dengan kreativitas. Kemampuan ini, adalah kemampuan untuk membangkitkan ide-ide baru dan menarik. Seringkali pribadi yang disebut sebagai pemikir sintesis yang baik, adalah pribadi yang mampu membuat pertalian di antara hal-hal yang oleh orang lain tidak serta merta dapat diketahui hubungannya.

Kemampuan analisis sering disebut sebagai kemampuan berpikir kritis. Pribadi dengan keahlian ini dapat menganalisa dan mengevaluasi ide-ide dengan sangat baik. Setiap orang, bahkan pribadi yang paling kreatif pun, tentu memiliki ide-ide yang baik dan buruk. Pribadi yang kreatif menggunakan kemampuan analisa untuk menggarap implikasi-implikasi dari ide kreatif dan mengujinya.

Kemampuan praktis adalah kemampuan untuk menerjemahkan teori menjadi praktik dan ide-ide abstrak menjadi pencapaian praktis. Dampak dari teori investasi kreativitas adalah ide-ide yang bagus tidak serta merta menjual dirinya sendiri. Pribadi kreatif menggunakan kemampuan praktis untuk meyakinkan orang lain kalau sebuah ide bernilai tinggi. Contohnya, setiap organisasi memiliki seperangkat ide yang mendikte bagaimana hal-hal, atau minimal beberapa hal darinya, mestinya dikerjakan. Ketika seseorang mengusulkan sebuah prosedur baru, dia harus menjualnya dengan meyakinkan orang lain kalau idenya itu lebih baik daripada yang lain. Kemampuan praktis juga digunakan untuk mengenali ide-ide yang memiliki “pembeli” potensial.

Kreativitas mensyaratkan tiga kemampuan ini. Pribadi yang hanya mahir berpikir sintesis dapat menemukan ide-ide inovatif, namun tidak bisa memahami lebih jauh atau menjualnya. Pribadi yang hanya mahir berpikir analitis mampu dengan sangat sempurna mengkritik ide-ide orang lain, namun sulit melahirkan ide-ide kreatifnya sendiri. pribadi yang hanya mahir berpikir praktis dapat menjual sebuah ide dengan sempurna, namun tidak sanggup mengusulkan atau menghasilkan ide-ide kreatif dari dirinya sendiri.

Siapa pun -kita- bisa mengembangkan kreativitas dengan menemukan keseimbangan yang tepat di antara pemikiran sintesis, analitis, dan praktis.

Selamat berlatih!

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.