Inspirasi Detik ini

Pengaruh seorang Guru bisa berdampak hingga ke keabadian. Dia tidak pernah bisa mengatakan, sampai kapan tepatnya pengaruhnya berhenti. — Rio Purboyo

Public Speaking: Berlatih Cara Baru

Posted by
|

Public Speaking cara baru ini, dinamai sebagai UP your PSM.

Program ini, memang tidak banyak membekali peserta. Karena, benih baiknya sudah tertanam dan mungkin bagi beberapa orang sudah bertumbuh bahkan berbuah.

Anda tahu, penanganan untuk akar pastilah berbeda untuk daun apalagi untuk menghasilkan buah.

Kalimat dan sikap yang baik, sebagai akar bagi seorang pembicara publik telah Anda pelajari. Syukur-syukur, jika Anda tindaklanjuti menjadi latihan harian.

UP your PSM, bekerja dalam skema untuk merimbunkan dedaunan dan meningkatkan produksi buah dari akar kemampuan PSM Anda.

Bukan hanya penanganan, satu-satunya garansi yang dapat saya janjikan dalam pelatihan akhir tahun ini, ialah pupuk yang sesuai sebagai nutrisi.

Oh iya, “Apa sajakah daun dan buah dari PSM, yang ingin Anda hasilkan?”

Karena saya tidak tahu, apa jawaban dari masing-masing peserta. Maka seharusnya saya mengingat bahwa perbedaan jawaban Anda, mewakili keunikan masing-masing pribadi.

Mungkin, begitu Anda mahir mengotomatiskan “skill-set” dari modul “UP your PSM”, bisa-bisa Anda:

# Menciptakan alur presentasi sendiri, berbekal kehidupan sehari-hari.

# Menyederhanakan maksud dengan logika berpikir yang tepat dan melekat. Semudah, kita temukan makna dari “akar, daun, dan buah” dari tulisan di atas.

# Menggelincirkan ide dan cara-cara perubahan, bahkan bagi pribadi+organisasi yang enggan.

Saya percaya, hanya karena Anda telah membaca satu janji dan tiga sasaran kompetensi itu, tidak serta merta membuat Anda langsung mendaftar workshop terakhir ini. Dan, menurut saya itu sah-sah saja. Karena itu pilihan sadar Anda, untuk memastikan bahwa diri Anda mendapatkan yang terbaik.

Tapi, jika Anda bersedia mempertimbangkan, sadari juga bahwa garansi dan sasaran kompetensi itu, adalah hal terbaik yang dapat saya berikan kepada Anda. Pertimbangkan juga, dalam setahun terakhir, saya berada di pusat kegiatan riset dan konsultasi pembelajaran terbaik di negeri ini -itu kata para pelanggan-. Dengan riset, pelatihan, dan pembimbingan yang saya alami bersama para pakar (metode) pembelajaran, saya sungguh-sungguh membagikan intisari pembelajaran yang saya alami, kepada para peserta pelatihan ini. Andakah salah satunya?

Apa mungkin, Anda tahu kenapa seseorang dihargai lebih dari yang lainnya?

Seorang pria buruh berbadan besar, protes kepada atasannya.

“Pak, Bapak enak banget sih. Bapak dapet gaji lebih besar dari saya, ruang kantor lebih memadai, fasilitas yang lebih dari mencukupi. Padahal, saya rasa kerja saya lebih berat dari bapak deh!”

“Owh, jadi kamu mau tahu kenapa gaji saya lebih besar dari kamu?”
“Iya dong pak.”

Si atasan berjalan ke arah tembok beton di sebelah mereka, lalu meletakkan telapak tangannya di depan tembok itu.

“Pukul keras-keras tangan saya.”
“Oke, beres!” kata si buruh.

Tepat ketika si buruh mengayunkan tangannya sekuat mungkin, si atasan menarik tangannya. Tangan si buruh menghantam tembok sekeras-kerasnya, ia pun berteriak kesakitan.

“Nah, itu sebabnya saya dapat gaji lebih tinggi dari kamu. Saya lebih cerdas dari kamu”, kata atasan sambil ngeloyor pergi.

Si buruh berpikir, keren juga cara si atasan mempresentasikan kecerdasannya. Jadi, ia pun berencana mau menggunakan cara yang sama ke temannya.

“Eh, kamu tahu nggak, kenapa si bos dapet gaji lebih tinggi daripada kita?”
“Nggak”, kaa temannya. “Emang kenapa?”

Si buruh menoleh ke kiri dan kanan, mencari tembok. Tapi, karena mereka sedang berdiri di tengah lapangan, tidak ada tembok di dekatnya. Jadi si buruh meletakkan telapak tangannya di depan mukanya sendiri.

Dan, ia berkata:

“Pukul keras-keras tanganku!”

Hanya karena satu metode bisa berhasil pada seseorang, tidak berarti metode yang sama akan berhasil pada semua orang. Anda perlu menjadi fasilitator pembelajaran! Karena, jika hanya meniru-niru suatu metode tanpa memahami esensi keberhasilannya, pasti efektif mengakibatkan hasil konyol yang tidak diharapkan.

Inilah sebabnya, Anda harus melejitkan kualitas diri Anda. Workshop ini, akan memfasilitasi perubahan diri Anda.

UP your skill-set of PSM!

NB)
Pendaftar serius hubungi 0823-3011-9100.

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.