Inspirasi Detik ini

Ngeyel itu boleh, perlu bahkan. Selama untuk hal-hal yang penting, malah dianjurkan. Ngeyel gunakan cara-cara baru yang lebih cocok untuk peluang baru, sambil ngeyel tetep perhatikan tujuan-tujuan besar di balik cara-cara baru itu, adalah contoh ke-NGEYEL-an yang tepat! — Rio Purboyo

Tekun, Teruslah Berupaya

Posted by
|

Ketekunan adalah gabungan dari tekad, kegigihan, dan disiplin-diri yang mendorong kita untuk terus maju, meski menghadapi banyak rintangan. Ketekunan bukan sikap yang menarik, tapi justru itulah intinya. Di dunia di mana perhatian kita seringkali dibuat bingung oleh gemerlap pameran kemahiran, ketekunan menghasilkan perbedaan dalam jangka panjang. Ketekunan tidak dimiliki sejak lahir. Ketekunan perlu kita kembangkan, seperti halnya otot, dan pengembangan itu diawali dengan kesadaran.

Belum lama ini, Angela Duckworth -peneliti dari Universitas Pensylvania- mengukur pengaruh ketekunan pada 1.200 kadet tingkat satu West Point, sebelum mereka mengawali latihan musim panas yang berat, yang disebut Beast Barracks. Sebelum latihan dimulai, dia memberi tes singkat kepada para kadet: tujuh belas pertanyaan yang meminta mereka untuk menilai diri sendiri dalam hal kemampuan berpegang pada tujuan, termotivasi oleh kegagalan, dan kegigihan dalam menghadapi rintangan. Ternyata tes ini -yang membutuhkan waktu dua menit untuk diselesaikan- sangat tepat dalam memprediksi berhasil atau tidaknya seorang kadet. Ini jauh mengalahkan kriteria prediktif West Point sendiri yang rumit, termasuk IQ, hasil tes psikologi, rata-rata angka, dan kebugaran fisik. Sejak saat itu, tes ketekunan digunakan untuk mengetahui keberhasilan di sekolah, usaha, dan berbagai bidang lainnya.

Ada baiknya, kita melakukan tes bernama “Grit Survey” ini. Dan, menggunakan nilainya untuk becermin peranan sikap tekun ini dalam hidup kita. Misalnya, ketika menemui hambatan, bagaimana reaksi Anda? Apakah Anda lebih mengarahkan perhatian dan energi Anda pada tujuan jangka panjang, atau berpindah-pindah dari satu minat ke minat yang lainnya? Apa yang Anda cari dalam jangka panjang?

Sekaranglah saatnya mulai menaruh perhatian dan energi pada tempat-tempat dalam hidup Anda di mana Anda memiliki ketekunan di dalamnya. Dan, rayakanlah ketekunan yang Anda temukan dalam diri sendiri dan sesama.

(referensi: Daniel Coyle, “Little Book of Talent”)

Selamat berlatih, menumbuhkan ketekunan!

langkah kecil bayi Tekun, Teruslah Berupaya

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.