Inspirasi Detik ini

Kita tak dapat mengukur ukiran prestasi orang lain menurut standar kita, pun juga sebaliknya. — Rio Purboyo

“Dadu”, Kriteria Produk Yang Memikat

Posted by
|

Apa yang paling Anda ingat dari Steve Jobs? Pastinya kemampuannya “menjual” di atas panggung.

Tapi, jangan lupakan fakta bahwa apa yang beliau jual ialah produk yang begitu berkualitas, bahkan memikat hingga mampu menjejakkan perubahan. Persis seperti yang beliau inginkan, “Meninggalkan lekukan di alam semesta”.

Kali ini, kita pelajari produk yang seperti itu. Berikut ini daftar kualitas produk yang berkualitas. Demi mempermudah ingatan kita, saya singkat dengan DICEE (alias dadu, dalam Language).

Yakni: Deep; Intelligent; Complete; Empowering; Elegant.

# Deep, dalam.

Produk yang dalam, memiliki banyak fitur. Itu artinya Anda sudah mengantisipasi apa yang pelanggan Anda akan butuhkan saat mereka menaiki kurva kekuasaan. Sebagai contoh, Google merupakan sumber ‘one-stop service’ bagi kebutuhan online. Berkisar dari pencarian sederhana hingga pengaturan email dan voice-mail Anda hingga mengumpulkan RSS feeds hingga analisis situs Web Anda. Kumpulan produknya, luar biasa dalam.

# Intelligent, cerdas.

Produk yang cerdas memecahkan masalah manusia dalam cara yang cerdas. Sebagai contoh, misalkan Anda punya sopir remaja dalam keluarga Anda sehingga Anda mengkhawatirkan keselamatannya. Produk MyKey dari Ford memungkinkan Anda membatasi kecepatan mobil dan menetapkan volume maksimum bagi sistem audio. Alarm juga akan berbunyi jika pengemudi tidak mengenakan sabuk pengaman ketika mobil bergerak, memberikan peringatan bahan bakar rendah sejak dini, dan bordering pada kecepatan empat puluh lima, lima puluh lima, dan enam puluh lima mil per jam. Inilah yang Anda butuhkan jika Anda mempertimbangkan untuk membeli Mustang GT500 dan Anda punya putra yang masih remaja.

# Complete, lengkap.

Produk yang lengkap menyediakan pengalaman hebat yang mencakup layanan, dukungan, dan seutas kecanggihan. Sebagai contoh, pengalaman Lexus lebih dari sekedar baja, kulit, kaca, dan karet. Dukungan purnajual menjadi bagian sama besarnya dari memiliki Lexus sebagai mobil itu sendiri. Lexus merupakan mobil yang dalam karena kapabilitasnya, dan juga lengkap karena semua layanan tambahan yang melingkupinya.

# Empowering, memberdayakan.

Produk yang memberdayakan memungkinkan Anda melakukan hal-hal lama secara lebih baik serta melakukan hal-hal baru yang sebelumnya sama sekali tidak bisa Anda lakukan. Ia menjadikan Anda lebih cerdas, lebih kuat, dan lebih terampil. Ia meningkatkan kepercayaan diri Anda serta kemampuan Anda untuk mengendalikan hidup. Perasaan berdaya ini merupakan esensi orang mencintai Macintosh mereka dan sering menganggap computer mereka sebagai perpanjangan diri mereka sendiri.

# Elegant, elegan.

Produk yang elegan berarti seseorang peduli tentang interface dan pengalaman pengguna. Produk yang elegan bekerja bersama manusia, orang. Produk yang tidak elegan melawan orang. Contoh keeleganan: kursi Eames dari Herman Miller, Audi A5/S5.

(sumber: Guy Kawasaki, Enchantment)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.