Inspirasi Detik ini

Kita akan betul-betul memahaminya, begitu kita benar-benar melakukannya. Yang kita mengerti, tidak akan kita lupakan. — Rio Purboyo

Kata. Kalimat. Paragraf. Cerita.

Posted by
|

Gaya yang umum digunakan saat tampil bicara di publik, seperti yang sering dipakai oleh para politisi, didasarkan pada pemakaian kalimat. Di akhir setiap kalimat, suaranya akan naik sedikit, lalu pembicara diam sejenak, seolah-olah menunggu untuk mendapat tepuk tangan.

Saya sendiri bahkan melihat seorang Direktur Eksekutif sebuah perusahaan dilatih untuk melakukan hal itu. Ini terjadi, terutama karena mereka tidak memiliki keberanian untuk percaya diri dan kesediaan menghargai pendengar mereka.

Anda tahu ketika hanya mengandalkan pengucapan kalimat saat bicara di publik, hal itu kurang tepat. Menyemburkan kalimat bukanlah pendekatan alami bicara di depan umum. Ketika mencerna terjangan kalimat dari pembicara publik, bisa-bisa itu melelahkan, baik bagi pembicara maupun pendengar. Sehingga sulit dibayangkan bisa terjadi interaksi harmonis, secara dua arah.

Menciptakan. Sebuah. Pidato. Bermodal. Kata-kata. Saja. Itu. Bahkan. Lebih. Sulit.

Sesungguhnya, ada cara yang lebih baik dan lebih alami untuk menggantikan serbuan kalimat dalam berbicara. Sajikanlah cerita. Pendongeng, secara alami pasti melibatkan perhatian kita. Semakin mahir ia memanfaatkan irama dan penekanan  alur cerita, semakin dalam keterlibatan pendengar.

Ada satu cara untuk memeriksa, apakah Anda berada di jalur yang benar ketika bercerita. Jika Anda tiba-tiba berhenti di tengah cerita, pendengar akan memaksa Anda menyelesaikannya.

Bukankah itu yang Anda inginkan?

kak bimo pendongeng cerita e1380342752571 Kata. Kalimat. Paragraf. Cerita.

Kak Bimo – Master of Story Teller Indonesia

 

(sumber: blog Seth Godin)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.