Inspirasi Detik ini

Yang kita inginkan sesungguhnya dari menulis secara rutin ialah aspek kedalaman
penguasaan. Kita jadi sadar bagaimana bakat kita muncul dan bagaimana ia bisa kita ubah jadi amalan unggulan, dengan berlatih, lagi dan lagi. Kita jadi mengerti betapa bakat yang ada bukanlah bakat yang matang, tapi bakat yang siap untuk dimatangkan. Inilah kepakaran yang sebetulnya.
— Rio Purboyo

Beri Waktu untuk Kemahiran Baru

Posted by
|

“Beri waktu delapan pekan untuk melahirkan kemahiran baru.”

Ketika bicara mengembangkan kemahiran baru, delapan pekan sepertinya merupakan permulaan yang penting. Seperti temuan Daniel Coyle dalam karyanya, ia mencatat itulah durasi berbagai program latihan tingkat-tinggi di berbagai belahan dunia. Sebut saja, latihan fisik Navy SEAL, klinik Balet Bolshoi, sampai latihan misi untuk astronot Mercury.

Lanjutnya, ada penelitian baru-baru ini di Massachusets General Hospital menunjukkan bahwa melakukan meditasi selama 27 menit sehari menghasilkan perubahan otak permanen dalam waktu delapan pekan.

Tentu saja, ini tidak serta merta dapat diartikan bahwa Anda pasti akan menguasai sebuah kemahiran baru dalam delapan minggu. Tapi, hal ini menekankan dua panduan mendasar:

(1) Membentuk dan mengasah jaringan syaraf membutuhkan waktu, siapa pun Anda.

(2) Kegigihan serta ketekunan merupakan senjata yang sangat penting, khususnya selama tahap awal-awal pembelajaran. Jangan cepat-cepat membuat penilaian. Tetaplah belajar, walaupun Anda tidak langsung merasakan adanya peningkatan.

Berilah waktu pada bakat Anda (yakni myelin Anda), untuk berkembang.

- – -

“Barangsiapa SHALAT berjamaah selama 40 hari tidak ketinggalan takbiratul ihram, dituliskan baginya dua kebaikan: kebebasan dari api neraka dan dari kemunafikan.” (HR. At Turmudzi: 224, Silsilah Ash-Shahihah: 2652)”

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.