Inspirasi Detik ini

Taubat bermakna kitalah yang paling berhak & berkewajiban mengintrospeksi
diri sendiri. Taubat pun berarti lakukan perbaikan berkelanjutan. Tiada
jalan menuju kesempurnaan -yang lebih lurus & lebih cepat- selain usaha perbaikan berkesinambungan. Itu semua sama maksudnya menantang kita untuk tetap memastikan bahwa diri kita tidak pernah berhenti bertumbuh, cepat atau lambat.
— Rio Purboyo

Pertumbuhan Berkelanjutan

Posted by
|

Dalam konteks bisnis, umumnya orang mendefinisikan kesuksesan sebagai pertumbuhan, keuntungan, penerimaan produk (layanan), dan kualitas. Tapi, jika kita terapkan dalam kehidupan pribadi, apakah pandangan itu masih relevan?

uang tumbuh e1380080312150 Pertumbuhan Berkelanjutan

Jika pertumbuhan penting untuk kesuksesan, bagaimana kita menjamin bahwa pertumbuhan itu terus berlanjut? Apakah pertumbuhan tidak memiliki batasan waktu?

Di bumi ini, pertumbuhan kadang terlihat hanya sementara. Pohon-pohon tertinggi adalah pohon yang mudah tersambar petir pertama kali. Dalam tinjauan medis, kanker adalah contoh dari organisme yang terus-menerus tumbuh. Anda tahu, kanker akhirnya membunuh penderitanya.

Tapi, di sisi lain kehidupan kita dapat menemukan bukti pertumbuhan abadi. Sebagai manusia, kita mengenal dan memeluk agama. Tak hanya sebagai ideologi, tapi juga cara hidup. Kita mudah menemukan bahwa Islam -agama yang saya yakini- menunjukkan grafik pertumbuhan terus-menerus dalam panggung sejarah manusia.

Mari kita alihkan pandangan ke latar sejarah. Ketika Nabi Muhammad SAW memulai dakwahnya, ia hanya seorang diri. Beberapa tahun kemudian, tepatnya 23 tahun saat beliau melaksanakan hajjatul wada’, kaum Muslim telah berjumlah sekitar 100 sampai 125 ribu orang dalam berbagai riwayat. Dengan jumlah penduduk dunia ketika itu sekitar 100 juta orang, maka rasio kaum Muslim terhadap penduduk dunia adalah 1 per 1000 orang.

Sekarang, sekitar 1400 tahun kemudian, jumlah kaum Muslim telah bertumbuh tanpa henti dan menjadi 1,5 milyar hingga 1,9 milyar. Bayangkanlah bagaimana rasio itu bertumbuh dari 1 per 1000 menjadi 1 per lima dalam kurun waktu 1400 tahun.

Islam sebagai agama bekerja dalam skala waktu sejarah, bukan dalam skala waktu individu atau umat. Ia terus akan bertumbuh hingga tak satu pun jengkal bumi yang tidak dijangkaunya dan tak satu pun manusia yang tidak mendengar nama Allah disebutkan. Pertumbuhan berkelanjutan adalah ciri utamanya.

Dari tulisan di atas, bisa kita maknai bahwa dalam konteks bisnis, pribadi, dan kehidupan; kita tidak perlu mempertentangkan kesuksesan dan pertumbuhan. Yang lebih penting, keduanya harus seimbang.

Usia bisnis, ideologi, dan gerakan, apapun bentuknya, selalu ditentukan oleh kekuatan substansi-nya untuk bertumbuh secara berkelanjutan. Sebab ini menentukan dalam skala waktu apa bisnis, ideologi, dan gerakan itu bekerja. Bisnis, ideologi, dan gerakan yang tidak punya potensi pertumbuhan berkelanjutan biasanya hanya akan bekerja dalam skala waktu individu, atau paling jauh, dalam skala waktu komunitas.

Pertumbuhan berkelanjutan adalah alat ukur sejarah. Sebab hanya bisnis, ideologi, dan gerakan yang bekerja dalam skala waktu sejarah yang akan bisa bertumbuh secara berkesinambungan.

bisnis tumbuh e1380080774596 Pertumbuhan Berkelanjutan

Hanya ketika kita sadar bahwa kita bekerja dalam skala waktu sejarah. kita punya peluang untuk bertumbuh tanpa henti. Maka pertanyaan yang perlu kita ulang-ulang, ialah

“Seberapa kuat kesadaran kita, bahwa kita sedang bekerja dalam skala waktu sejarah?”

 

 

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.