Inspirasi Detik ini

Sahabat terbaik dari kebenaran adalah waktu, musuh terbesarnya adalah prasangka, dan pengiringnya yang paling setia adalah kerendahan hati — Caleb Charles Colton

Mengapa Menikah

Posted by
|

Kenapa menikah? Ada banyak alasan yang dapat kita sampaikan.

Tapi kali ini, akan kutuliskan  apa yang kurasakan selama menahkodai bahtera keluarga.

Bagiku, karena selain untuk memulyakan sunnah, alasan lain yang dapat kita pilih adalah untuk membangun tim kehidupan.

Di dalam pernikahan dan berumah tangga, kita berlatih kesejatian makna kepemimpinan. Bersamanya pula, kita mengorganisir jiwa-jiwa yang berada dalam jangkauan. Saat perjalanan menuju pulau harapan, kita mengelola potensi konflik yang mungkin terjadi, lantas mengubahnya menjadi sinergi tertinggi. Cinta, mengubah tiap hari pertemuan fisik anggota keluarga menjadi serangkaian kerja-kerja memulyakan dalam hangatnya pelukan kasih sayang.

Maka, di dalam pernikahan yang ada, ialah berbagi peran, berkontribusi, dan saling memberi.

Maka, tiap waktu yang sudah berlalu, dapat dimaknai pula sebagai berjalannya kelas pembelajaran. Tentang cinta tentang keberanian tentang pengorbanan tentang pemulyaan.

Dan itu semua berujung pada salah satu arti hakiki dari beragama, dari memulyakan sunnah: menjaga peradaban manusia.

Selamat menikah. Dan lebih penting lagi, selamat mencintai. Karena cinta menemukan eskpresi yang sah, melalui pelaminan. Cinta adalah juga kata kerja. Maka pekerjaan utamanya ialah memberi, maka para pecinta sejati senantiasa memberi tanpa henti. Awalnya berupa perhatian, lalu tekad menumbuhkan kebaikan dalam diri sang kekasih, lalu merawat kebaikan yang sudah bertumbuh-kembang, dan terakhir ia terus melindunginya dengan keberanian yang total.

Cinta dalam makna-makna sederhana seperti di atas, hanya dapat dikerjakan pribadi yang kuat. Karena itu, mencintai adalah pekerjaan orang-orang kuat.

Dan saatnya bertanya,

“Apa yang Anda inginkan terjadi dalam pernikahan Anda?”

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.