Inspirasi Detik ini

Bahagia ada di sini, dimulai dari syukuri yang ada dalam diri, lalu pergunakannya untuk sebesar-besarnya karya penuh guna bagi sesama. — Rio Purboyo

Ciri-ciri Inovatif

Posted by
|

Berdasarkan pengalaman dan riset mendalam oleh Peter Fisk, beliau mengumpulkan sepuluh ciri umum dari pribadi dan organisasi yang inovatif. Di tingkat personal, pribadi inovatif mampu menyatukan pemikiran otak kiri dan kanan, ide-ide radikal dan tindakan-tindakan praktis. Di tingkat organisasi, menghubungkan masa depan ke belakang dengan sekarang ke depan’ pendekatan dari luar ke dalam dan dari dalam ke luar. Di setiap tahapan kehidupan –pribadi dan organisasi– kita dapat melihat, betapa keseimbangan itu, dapat menghasilkan pendekatan yang inovatif dan cerdas.

 

Secara umum, inovatif dapat diwakili kejeniusan seperti berikut:

1. Orisinal. Seorang inovatif memulai dengan pikiran terbuka, tidak dikekang oleh kebiasaan-kebiasaan, menggunakan sudut pandang yang baru, mempreteli masalah kemudian merangkainya kembali dengan cara yang lebih baik. Beberapa ide hebat ditolak karena tidak sesuai dengan pemikiran konvensional, dianggap tidak praktis atau “terlalu maju”. Coba pikirkan sejenak, para pembuat floppy disk yang tidak bisa melihat kehadiran CD dan USB yang mengganggu bisnis mereka.

2. Kesadaran hati. Seorang inovatif sudah pasti memiliki kesadaran hati yang tinggi, kesadaran yang tinggi atas apa yang sedang terjadi, dan melihat pola-pola seperti seorang detektif forensik. Sebagian hikmah terbaik berasal dari observasi bukannya penyelidikan, seperti seorang antropolog yang memperhatikan dan memikirkan apa yang terjadi. Ini berguna khususnya ketika tidak ada bahasa atau logika untuk menjelaskan sebuah fenomena atau kebiasaan. Alexander Fleming menemukan jamur dalam dunia medis, dan sama seperti dokter-dokter yang lain, daripada membuangnya ia memikirkan apa penyebabnya. Sebuah observasi yang dilakukannya karena perasaan ingin tahulah, yang membuatnya menemukan penisilin.

3. Analitis. Seorang inovatif akan menyelesaikan sebuah masalah atau ide secara bertahap dan disiplin, dan juga secara kreatif, kadang menantang logika matematis dan ilmiah. Meskipun seorang inovatif mencapai tahapan atau dimensi melalui lompatan-lompatan kreatif, masih ada kebutuhan untuk membuatnya masuk akal dalam bahasa-bahasa yang praktis. Ini sering membutuhkan logikan mental murni, karena formula matematis saat ini atau prinsip-prinsip sains bisa juga didasarkan pada asumsi yang salah. “Terobosan-terobosan” jarang sekali dicapai oleh hal-hal biasa, tetapi dibutuhkan sebuah bukti untuk konsep baru.

4. Kreatif. Seorang inovatif selalu terbutk kepada semua kemungkinan, berusahmencari solusi bagi sebuah masalah dengan hipotesis, melakukan lompatan mental untuk melihat apakah itu terbukti benar atau salah. Einstein sering menggunakan hipotesis untuk keluar dari derivasi matematisnya, untuk menguji sebuah kemungkinan yang kemudian bisa ia terima atau tolak. Imajinasi logis akan membawa Anda ke tempat tertentu dengan pikiran secara mandiri, bahkan dari tempat di mana Anda mulai. Caranya sungguh sederhana, yakni dengan terus mencari tahu dan dengan penuh keyakinan bertanya, “Bagaimana jika?”. Ini lebih manjur, daripada mencari kenyamanan dengan sesuatu yang dekat atau yang sudah diketahui.

5. Dualistik. Seorang inovatif mampu berpikir secara paralel, untuk menerima ambiguitas yang jelas, menyatukan hal-hal yang berlawanan dan menghubungkan yang tidak terhubung. Solusi-solusi baru sering bertentangan, apakah dengan kebiasaan, atau dalam diri sendiri, dan malah definisi F. Scott Fitzgerald tentang pikiran kelas satu adalah “Kemampuan untun menghadapi dua ide yang berlawanan pada saat yang bersamaan.” Menurut kisah yang beredar, da Vinci mengombinasikan suara bel dengan riak air ketika sebuah batu menyentuh air, untuk sampai ke gagasan bahwa suara merambat melalui gelombang.

6. Holistik. Seorang inovatif dapat menggunakan perspektif yang lebih luas untuk melihat masalah utuh dalam konteks lingkungan masalah itu. Dan menyatukan semua bagian yang terpisah-pisah. Einstein menyatukan petunjuk yang berbeda-beda dari dunia natural, menyatukan hal-hal yang sepertinya berbeda seperti energi, masa, dan kecepatan cahaya. Kemampuan untuk melihat gambaran yang lebih besar, atau yang mengisi ruang, sering berarti bahwa pribadi inovatif itu “melihat apa yang semua orang bisa lihat, tetapi memikirkan apa yang tidak dipikirkan orang lain”.

7. Produktif. Pribadi inovatif mencari banyak solusi –bukan hanya satu– membangun atau menantang semuanya, secara konstan mencari solusi yang lebih sempurna, lebih baik. Seorang inovatif memiliki pikiran yang terus aktif dan produktif, kuantitas utama dari output mereka dapat bersifat intimidatif, oleh sebab itu terkadang dibutuhkan waktu beberapa tahun untuk memahami yang terbaik dari semuanya. Mozart menulis 600 karya musik; Bach satu setiap minggu meskipun ia sedang sakit. Einstein memublikasikan 148 karya ilmiah, meskipun ia terkenal untuk salah satu yang terawal.

8. Pragmatis. Seorang inovatif menyadari ide dan solusi tidak terlalu bermanfaat dalam keadaan abstrak. Baginya, teori dan konsep harus diwujudkan, dan harus praktis dan bermanfaat. Seorang inovatif terus berpikir, menggali, menciptakan, dan menemukan. Sesuatu dapat disebut inovatif, dan hanya menjadi inovatif, jika bisa dijadikan dalam tindakan praktis dan menambah nilai. Edison memiliki 1039 paten Amerika, itu terjadi karena ia menuntut dari dirinya satu penemuan minor setiap 10 hari dan satu yang besar setiap 6 bulan.

9. Visual. Seorang inovatif mampu mengeskpresikan ide-ide mereka dengan lebih jelas –biasanya secara visual, dengan diagram, analogi, dan metafora– untuk membuat hal-hal yang rumit menjadi mudah dengan cara-cara yang sederhana. Penggunaan gambar lebih memungkinkan untuk menciptakan hubungan antar konsep dengan lebih cepat, mendemonstrasikan konsep-konsep dengan lebih jelas dan cepat, dan menjelaskan sistem secara lebih utuh.

10. Keyakinan. Seorang inovatif butuh memiliki kekuatan dari dalam, keyakinan, dan kepercayaan diri untuk tetap mempertahankan apa yang mereka yakini. Ini diperlukan untuk mempertahankan ide-ide radikal dan tindakan aneh dengan kebiasaan dan status quo yang sudah diterima. Dalam semua sendi kehidupan, jarang sekali orang-orang dengan cepat menyukai perubahan yang signifikan pada diri, keyakinan, dan kebiasaan mereka. Kita lebih memilih keamanan dan kenyamanan dari apa yang kita ketahui daripada apa yang tidak kita ketahui. Tetapi secara perlahan, kita melihat kemungkinan, logika, dan keuntungan dari pemikiran yang berbeda, dan kita pun lantas menerimanya, bahkan akhirnya terlibat di dalamnya. Seorang inovatif sering menjangkau sesuatu yang melampaui hari ini dan perlahan-lahan orang-orang akan mengikuti dan menerima hal-hal yang baru, yang berbeda dan lebih baik.

 

inovasi1 300x200 Ciri ciri Inovatif

 

Inovasi yang unggul, berada dalam kecerdasan praktis dan imajinasi liar. Pemimpin-pemimpin baru di bidang bisnis bekerja sama dengan para anggotanya, untuk fokus dan memberdayakan kekuatan kreatif di setiap hal yang mereka lakukan. Mereka menghubungkan ide dan tindakan untuk menciptakan hasil yang luar biasa, mempercepat pertumbuhan, dan menciptakan nilai tambah yang di atas rata-rata. Mereka menciptakan organisasi inovatif yang berpengaruh kuat!

 

 

Comments

  1. Panduan Bimbel Toko Online

    January 31, 2015

    Menarik untuk dibaca dan dipraktekkan.
    Seorang yang inovatif banyak menemukan solusi baru dari masalah yang dihadapinya. Kesulitan dan hambatan mengantarkannya kepada penemuan baru yang jauh lebih baik daripada yang diharapkannya. Belajar, berpraktek kemudian mengajarkannya adalah cara belajar paling praktis yang dilakukannya.
    Semakin banyak berbagi, dia pun semakin kreatif dan inovatif.

    Salam

    Vitus Polikarpus
    HP|WA: 081317937777
    PIN BB: 798A2518

  2. Aji

    January 31, 2015

    No 3 dan 5 gue banget mas Rio :D

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.