Inspirasi Detik ini

Apa yg kita isikan ke hari ini, pasti lebih menentukan bagi masa depan, daripada apa yg hanya kita anggap istimewa dari hari ini. — Rio Purboyo

Sikap Dasar Peserta Latih

Posted by
|

Anda memahami, betapa penting untuk menumbuhkan kinerja, kreativitas, dan memperbarui karakter pribadi, demi kehidupan yang lebih baik. Anda juga menyadari, betapa kuat dan dalam, pengaruh coach dalam hal itu. Di bawah ini, saya nukilkan beberapa ide penting dari “Todd Henry”, penulis sekaligus pelatih “Accidental Creative”, berkenaan dengan prinsip dan sikap seorang coachee (peserta latih dalam coaching). Supaya coachee, mendapatkan manfaat terbesar dari sesi coaching, Anda perlu mencerna panduan dasar berikut ini.

3 + 1 Kesadaran utama dalam menjalani sesi coaching

Pertama. Hal yang penting bukanlah apa yang Anda ketahui, melainkan apa yang Anda lakukan.

Entah apa pun yang dijanjikan orang lain, tidak ada jalan pintas atau langkah mudah untuk melambungkan kinerja dan kreativitas Anda. Anda butuh menunjukkan kinerja dan kreativitas terpendam, melalui prinsip latihan teratur dan terfokus yang ada dalam coaching. Anda pasti mengalami pencerahan dan momen “Wah!” dalam perjalanan coaching Anda. Tetapi pengetahuan saja tak cukup, seperti sekedar mengetahui bahwa berolahraga akan membuat tubuh Anda sehat. Anda perlu fokus dan tekun. Hasilnya akan sepadan.

Kedua. Anda mengendalikan pertumbuhan Anda sendiri.

Apa pun situasinya, Anda adalah pengendali satu-satunya dari perkembangan diri Anda: kinerja, kreativitas, dan karakter Anda. Ini bukan tanggung jawab direktur personalia, atau manajer, atau ibu Anda –melainkan Anda sendiri. Banyak orang menyia-nyiakan bertahun-tahun hidup mereka menyalahkan orang lain untuk masalah mereka sendiri. tak diragukan ada beberapa pribadi dan organisasi yang tak sehat dapat ditemukan di luar sana, tapi pada akhirnya, memilih menjadi korban hanyalah sifat seorang pecundang. Kendalikan pertumbuhan Anda sendiri.

Ketiga. Hal ini membutuhkan waktu dan hasil jangka pendek mungkin berbeda.

Sama seperti benda berharga lainnya, menata ulang hidup Anda agar serasi dengan dinamika kreativitas, kinerja, dan karakter yang unggul; perlu waktu dan dedikasi. Selain itu, akan ada situasi di luar kendali Anda yang bisa memengaruhi komitmen dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, hasil penerapan latihan-latihan dalam sesi personal-coaching bisa bervariasi dalam periode tertentu. Perhatian Anda harus siap untuk meningkatkan kinerja secara periodik, bukan menjadi produktif hanya untuk waktu singkat saja.

Terakhir. Ini sesuatu yang lebih dari sekedar “pekerjaan” Anda.

Saat ini, semakin sulit untuk mengotak-kotakkan hidup Anda menjadi ruang “pekerjaan”, “rumah”, “hobi”, dan seterusnya. Setiap bagian hidup Anda akan saling memengaruhi, dan kurangnya komitmen di satu bidang akan bisa –cepat atau lambat– memengaruhi bidang lainnya. Ketika Anda menerapkan latihan personal-coaching, Anda akan mendapatkan bahwa energi kreatif yang baru Anda temukan, tidak hanya akan memengaruhi pekerjaan Anda, tapi juga bagian lain dari hidup Anda.

tujuan pelatih Life Coaching Goals 300x223 Sikap Dasar Peserta Latih

Saya percaya, bahwa karya terbaik, kehidupan terbaik, dan bahkan kematian terbaik, sedang menunggu untuk diwujudkan. Dengan menerapkan prinsip, strategi, dan kiat dalam personal-coaching, Anda dapat terdorong untuk mewujudkan hal yang sebelumnya mungkin tampak tak bisa dicapai. Selamat berlatih!

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.