Inspirasi Detik ini

Setiap pria dan wanita yang sukses adalah pemimpi-pemimpi besar. Mereka berimajinasi tentang masa depan mereka, berbuat sebaik mungkin dalam setiap hal, dan bekerja setiap hari menuju visi jauh ke depan yang menjadi tujuan mereka — Brian Tracy

Belajar untuk Belajar, Keahlian penting seorang Pelatih

Posted by
|

Jika coaching (pelatihan) bermakna “mengubah masalah menjadi situasi belajar”, bagaimana caranya untuk membuat semua pihak belajar?

Anda tahu, belajar adalah cara terbaik untuk mendapatkan pengetahuan (kebijaksanaan) atau keahlian untuk mempelajari, mengalami, dan kemudian diajarkan.

 

Belajar untuk belajar adalah cara untuk menangkap inti pelajaran dari pengalaman sehari-hari, baik atau pun buruk. Mempelajari pelajaran dari suatu perubahan adalah sebuah keahlian kunci bagi setiap individu, tim, dan organisasi. Ketika Anda membantu orang lain untuk belajar dan mengalami belajar itu sendiri, tidaklah sama dengan mengajari dan diajari. Sebagai coach, Anda dapat membantu orang-orang untuk mengembangkan keahlian belajar mereka dengan:

  • Secara sadar mengenali dan mencari peluang untuk belajar setiap hari, seperti dalam pekerjaan, dengan mengerjakan pekerjaan lebih banyak dan bekerja dengan orang lain (dalam tim).
  • Menekankan pentingnya belajar di dalam organisasi, seperti memasukkan  “pelajaran yang telah dipelajari” ke dalam suatu diskusi mengenai suatu penilaian dan dalam agenda pertemuan.
  • Menciptakan sebuah iklim yang mendukung dan mendorong individu untuk saling belajar. Dan belajar dari hal-hal yang benar-benar terjadi (dalam hal ini dapat menghemat waktu, uang, dan upaya Anda; serta mencegah Anda membuat keslahan yang sama).
  • Mengingatkan diri sendiri, bahwa Anda tidak berusaha menjadi seorang guru, tetapi menjadi seseorang yang menciptakan suatu situasi yang membuat orang lain dapat belajar.

pelatih jose mourinho 300x298 Belajar untuk Belajar, Keahlian penting seorang Pelatih

Seorang coach (pelatih), perlu memahami bahwa belajar hanya dapat terjadi secara efektif, jika orang-orang yang Anda latih mampu:

  • Melibatkan diri mereka dalam pengalaman yang sebenarnya. (Ini disebut sebagai gaya belajar aktivis, di mana seseorang disiapkan untuk maju).
  • Berdiri di belakang layar, mengamati, dan memikirkan apa yang terjadi. (Ini disebut sebagai gaya reflektor).
  • Menciptakan konsep abstrak dan menghasilkan generalisasi. (Ini disebut sebagai gaya teoritikus, di mana seseorang berupaya mengerti mengapa suatu hal dilakukan dengan cara tertentu).
  • Secara aktif melakukan uji coba dan mencoba berbagai ide. (Ini disebut sebagai gaya pragmatis, yang ia tertarik untuk mempraktikkan suatu pelajaran).

Karena setiap kita belajar dengan cara tertentu yang kita anggap paling cocok, kita berpendapat hal ini juga akan berhasil bagi orang lain. Sama halnya dengan cara pandang seseorang yang tidak selalu sama dengan cara pandang kita. Hanya sedikit orang yang mampu mengembangkan keempat gaya (belajar) tersebut dengan seimbang. Terlebih lagi, penelitian menunjukkan bahwa kita semua lebih menyukai gaya tertentu.   Meski demikian, peran seorang pelatih (coach) adalah membantu setiap orang untuk terlibat dalam pembelajaran. Yakni dengan mengondisikan agar:

  • Aktivis mengambil posisi layaknya reflektor. Untuk berdiri di belakang dan memikirkan apa pelajaran yang telah dipelajari.
  • Reflektor mengambil posisi teoritikus. Untuk melakukan sesuatu dan tidak hanya mengamati orang lain, serta terjun untuk terlibat dalam diskusi.
  • Teoritikus mengambil posisi pragmatis. Untuk mencoba segala sesuatu sebelum diberi kesempatan untuk bertanya.
  • Pragmatis mengambil posisi aktivits. Untuk melakukan ujicoba cara melakukan berbagai hal, tidak hanya mengajarkan teknik-teknik, atau jalan pintas.

guardiola pelatih dunia 300x150 Belajar untuk Belajar, Keahlian penting seorang Pelatih

Kenyataannya, dalam hidup Anda sudah melakukan proses pembelajaran, bahkan hingga saat ini. Hal itu sungguh bermanfaat dan mengasyikkan. Mengapa Anda tidak mencoba yang lebih baik, demi peningkatan kualitas diri? Tentukan waktu kapan Anda mulai melakukan personal-coaching bersama saya, dimulai hari ini. Selamat berlatih!

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.