Inspirasi Detik ini

Lakukanlah semua kebaikan yang dapat Anda lakukan, dengan segala kemampuan Anda, dengan semua cara yang Anda bisa, di segala tempat, setiap saat, kepada semua orang, selama Anda bisa — Samuel Wesley

Guruku, Pelatih Pribadi

Posted by
|

Kumerasa, selaku pelatih pribadi, guruku menerapkan kalimat berikut dengan begitu tepat. “Dapatkan madunya, tanpa merusak rumah & mengganggu para lebah.”

Maka dalam berbagai situasi pembelajaran, ia memilih untuk memperbanyak teladan, menyederhanakan nasihat, memberlimpahkan cinta & kasih sayang. Satu prinsip yang selalu beliau terapkan ialan: mensaripatikan ragam pengalaman, kemudian mengubahnya menjadi refleksi pembelajaran filosofis-praktis. Harapan hariannya, ialah terciptanya keyakinan yang hidup: yang melekat di hati, pikiran, dan badan.

Oh, kau pun bertanya padaku. Bagaimana dirinya melatihku? Perhatikanlah, betapa ia sungguh berhasrat dalam: membaca perilaku, menelusuri kecenderungan, serta mendetailkan rencana pemenuhan tujuan. Keseharian hidupnya, ialah membantu diri dan teman-temanku, untuk bertumbuh dengan kecepatan pembelajaran masing-masing.

Saat ia menjeda, kudapati beliau “mencubitku” dengan tatapan dan ucapan yang khas. Itu, membuatku meragukan impian-impian kecilku yang awalnya kuanggap besar. Saat kutanya mengapa, karena ia mempercayai “Dirimu layak untuk yang lebih tinggi.” Sesaat, perlu kembali kubaca perjalanan riwayat pribadi. Kusadari, diri ini bertumbuh berkah cintanya, cintanya yang utuh pada sesama manusia. Kumenduga, karena bermula dari cintanya kepada Sang Pencipta, Allah swt. Mungkin saja karenanya, tak sekali pun kumelihat ia gundah meratapi dunia.

Kalau saja kau hadir di sampingku. Kau akan mengerti ciri-ciri pribadinya. Tatapannya teduh tapi sekaligus juga tajam. Kamu tahu, dengan pandangannya ia mampu menelanjangi dirimu, bahkan ke bagian yang belum kaukenali. Bahkan, ke masa depan, yang belum kausadari. Entah bagaimana, ia mengerti kelok jalan pikiranmu. Ia pasti menghentikanmu di satu lintasan, untuk kemudian memindahkanmu ke jalur yg lebih baik.

Lebih jauh, beliau sungguh memahami maket dan bangunan karaktermu. Ia sungguh memprovokasi, untuk membongkar pasang pondasi dan bangunan yang telah kaudirikan. Mungkin awalnya kau enggan, tapi percayalah padaku, di satu waktu tertentu, tuntas juga pekerjaan itu.

Pernah kubertanya. “Apakah ia kerjakan semua itu, untuk diriku?” Bukan! “Untuk dirinya sendiri?” Juga bukan. “Lantas, untuk apa?” Atas nama cinta, begitu jawabnya sederhana. Misinya meneruskan pewarisan. Mungkin setelah ini, kau akan tertarik meneruskan estafetnya. Tapi satu yang terpenting: warisannya tertanam melekat, ajeg berbuah dalam keseharianmu. #guru

Salam cinta, untuk para Guru: Pelatih pribadiku.

NB)
Jika Anda serius untuk melatih diri, demi kualitas hidup yang lebih baik. Kenapa tidak, menghubungi 0857-84-450-450..

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.