Inspirasi Detik ini

Selalu lihatlah sisi terang dari kehidupan. — Monthy Phyton

Siapa Kamu? Dan, bagaimana kabarmu?

Posted by
|

Sungguh, pertanyaan adalah pengarah jawaban. Sejatinya, jawaban atas sebuah pertanyaan merupakan cerminan atas keyakinan, harapan, nilai, dan identitas pemiliknya. Bukankah kita sudah dapat membedakan kualitas dan kesungguhan dua pribadi dalam menjalani hidup, berdasarkan pertanyaan dan jawaban yang ia lontarkan.

Ada beraneka pertanyaan sederhana yang biasanya spontan keluar masuk dalam interaksi keseharian kita. Sebut saja, pertanyaan sapaan ketika kita berjumpa sekilas dengan sesama. Tentu, yang wajarnya kita jumpai ialah pertanyaan, “Bagaimana kabar Anda?” Jika suatu waktu, kita berkesempatan untuk berkenalan dengan seseorang, tentu pertanyaan “Siapa Anda?” adalah umum kita ajukan.

Tapi, sangat jarang kita temukan jawaban yang tidak remeh dari kedua pertanyaan itu. Di bawah ini, saya tuliskan dua jawaban yang tidak biasanya kita temukan atas pertanyaan “remeh” keseharian itu. Dengannya, semoga kita mampu menilai kembali kualitas jawaban kita. Lebih-lebih, kita dapat meningkatkan kesadaran kita atas kualitas hidup yang kita jalani, sebagai cerminan lebih lanjut atas kualitas pertanyaan dan jawaban yang kita miliki.

Selamat menyimak…

 

Suatu ketika seorang wartawan bertanya kepada Hasan al Banna tentang diri beliau. Sang wartawan meminta agar beliau menerangkan sendiri tentang dirinya kepada masyarakat.

Hasan al Banna pun menjawab:

“Akulah petualang yang mencari kebenaran.

Akulah manusia yang mencari makna dan hakekat kemanusiaannya di tengah manusia.

Akulah patriot yang berjuang menegakkan kehormatan, kebebasan, ketenangan, dan kehidupan yang baik bagi tanah air di bawah naungan Islam yang hanif.

Akulah lelaki bebas yang telah mengetahui rahasia wujudnya, maka Ia pun berseru, “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan Semesta Alam yang tiada sekutu bagi-Nya. Kepada yang demikian itulah aku diperintahkan, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

Inilah aku. Dan kamu, kamu sendiri siapa?”

Dalam kesempatan lain, Hasan al Banna pernah menuliskan sepenggal puisi. Yang di dalamnya, mewakili ungkapan atas “Siapa Anda?”

Seandainya saya menjadi selain manusia

Saya memillih menjadi bulan

Yang bersinar di saat malam purnama

- – -

Abu Bakar Marwazi pernah mengisahkan: Suatu ketika, aku pernah mendatangi Imam Ahmad bin Hambal dan aku bertanya kepadanya, “Bagaimana keadaanmu pagi ini?”

“Bagaimana keadaan orang yang Rabbnya memintanya melakukan kewajiban, nabinya memintanya melakukan sunnah, malaikat memintanya untuk memperbaiki perilakunya, jiwanya memintanya untuk melakukan kekejian, malaikat maut ingin mencabut ruhnya, dan keluarganya menginginkan nafkah darinya?” jawab Imam Ahmad.

- – -

Jika sekarang, pertanyaan yang sama diajukan kepada Anda, bagaimanakah jawaban Anda:

“Siapa Anda? Dan, bagaimana kabar Anda?”

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.