Inspirasi Detik ini

Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan; dan saya percaya pada diri saya sendiri — Muhammad Ali

Memotong-motong Kemahiran

Posted by
|

Sejak kecil, kita sudah mendengar nasihat yang baik ini “Lakukan sedikit demi sedikit”. Nasihat ini ampuh, karena menggambarkan dengan tepat cara belajar otak kita. Setiap kemahiran dibentuk dari bagian-bagian yang lebih kecil, yang oleh para ilmuwan disebut potongan-potongan.

Hubungan potongan-potongan dan sebuah kemahiran seperti kaitan huruf-huruf alafabet dan bahasa. Jika berdiri sendiri, setiap huruf nyaris tidak ada manfaatnya. Tetapi jika digabungkan menjadi potongan yang lebih besar (kata), dan jika potongan-potongan itu digabung menjadi sesuatu yang lebih besar lagi (kalimat, paragraf), maka mereka dapat membentuk sesuatu yang rumit dan indah sekaligus.

puzzle teka teki 300x300 Memotong motong Kemahiran

Untuk mulai melakukan pemotongan, pertama-tama ukirlah cetak biru kemahiran yang Anda inginkan di dalam benak. Kemudian, tanyakan pada diri sendiri:

1. Unsur terkecil apa dari kemahiran ini yang bisa saya kuasai?

2. Potongan lain apa yang terkait dengan potongan ini?

Lakukanlah latihan terhadap satu potongan itu sampai Anda menguasainya. Setelah itu, hubungkan dengan potongan-potongan lain, satu per satu, persis seperti Anda menggabungkan huruf demi huruf untuk menyusun sebuah kata. Kemudian, gabungkan potongan-potongan yang lebih besar, dan seterusnya.

Pemain musik di Meadowmount menggunting lembaran musik, memasukkan guntingan lembaran itu ke dalam sebuah topi lalu mempelajari potongan-potongan tadi secara terpisah, mereka menyatukan kembali guntingan tadi menjadi susunan yang benar; seperti potongan puzzle. “Cara ini berhasil karena murid-murid tidak sekedar memainkan musik secara autopilot, tapi mereka juga berpikir”, ujar seorang instruktur biola di sekolah itu, Skye Carman.

Apa pun kemahiran yang ingin Anda pelajari, polanya selalu sama. Pahamilah keseluruhannya. Bagi menjadi unsur-unsur pembentuknya yang paling sederhana. Gabungkan kembali. Lalu ulangi lagi.

Selamat berlatih!

(sumber: Daniel Coyle, “Little Book of Talent”)

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.