Inspirasi Detik ini

Seorang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan mencoba kembali untuk melakukan dengan cara yang berbeda. — Dale Carnegie

Berinvestasi dalam Kreativitas

Posted by
|

Para pemikir yang kreatif, bertindak seperti investor yang lihai. Mereka membeli murah, menjual tinggi. Apabila para investor melakukannya di dunia finansial, pribadi yang kreatif melakukannya di dunia ide-ide. Pribadi kreatif, menciptakan ide-ide yang mirip saham murah yang umumnya ditolak publik luas. Saat ide-ide kreatif dimunculkan, mereka seringkali dilihat aneh, tidak berguna bahkan dianggap bodoh, dan cepat ditolak. Pribadi yang mengusulkannya seringkali dilihat dengan penuh curiga bahkan mungkin dipandang sebelah mata dan dicemooh.

Ide-ide kreatif, adalah hal yang sifatnya baru dan sekaligus bernilai tinggi. Tapi, seringkali ia ditolak karena penemuan kreativitasnya dianggap melawan massa dan merugikan kepentingan mereka. Orang banyak yang menolak hal itu, bukan karena mereka jahat atau sengaja menolak konsep-konsep baru. Tapi, yang sebenarnya terjadi adalah mereka tidak menyadari hal itu dan seringkali tidak ingin disadarkan, bahwa ide yang diusulkan itu memang mewakili cara berpikir yang lebih baik dan maju. Kita pada umumnya melihat oposisi terhadap status quo sebagai hal yang mengganggu dan menyakitkan. Dan itu sudah menjadi alasan yang cukup bagi mereka untuk mengabaikan ide-ide yang inovatif.

Dari perspektif investasi, pribadi yang kreatif membeli murah berdasarkan ide unik yang dimilikinya. Lalu, berusaha meyakinkan orang lain akan nilai tinggi ide tersebut. Setelah meyakinkan orang lain kalau suatu ide cukup bernilai dan meningkatkan nilai investasi yang dirasakan, pribadi kreatif mampu menjual mahal dengan mempromosikan ide itu kepada orang lain, dan bergerak terus ke ide berikutnya. Setiap orang ingin agar orang lain mencintai ide-ide mereka. Dengan begitu, sesungguhnya setiap orang berusaha turut berkontribusi untuk meluaskan kebaikan selebar mungkin. Dan, kreativitas ialah proses, produk, dan performa yang dapat terus meningkatkan nilai kontribusi setiap manusia.

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.