Inspirasi Detik ini

Jangan terlalu memikirkan masa lalu. Gunakan untuk mendapatkan pelajaran akan sesuatu, lalu tinggalkan. Tidak ada yang benar-benar berarti, kecuali apa yang Anda lakukan saat ini. — Eileen Caddy

Karakter Pemimpin Bisnis

Posted by
|

Karakter Pemimpin untuk Tantangan Bisnis Abad 21

Pemimpin baru di dunia bisnis akan menjadi pemimpin dan manajer, eksekutif dan entrepreneur. Kenyataannya, semua pemimpin bisnis perlu untuk menjalankan gaya usaha yang lebih di dunia yang nonlinear saat ini. Memainkan permainan yang aman dan mempertahankan status quo saja tidak cukup. Seperti yang dikatakan oleh Ray Davis di dalamnya bukunya “Leading for Growth”, kisah bagaimana ia mentranfsormasi Umpqua Bank menjadi perusahaan pelayanan jasa keuangan terbaik di dunia:

“Ketika saya mendengar seorang pemimpin bisnis mengatakan, “Kita ingin tetap berada di posisi sekarang –kita tidak ingin berubah.”, maka saya akan langsung menjual saham saya di perusahaan itu. Sebuah perusahaan tidak boleh tetap sama. Memimpin untuk pertumbuhan bukanlah pilihan. Fakta yang sederhana adalah, Anda menjadi lebih baik atau lebih buruk. Anda tidak bisa tetap sama. Tidak ada pintu nomor 3.”

Para pemimpin sukses dalam bisnis di abad 21, di perusahaan-perusahaan besar atau kecil, memiliki karakteristik yang sama. Dia mengombinasikan gairah dan keterusterangan seorang entrepreneur, dengan kerumitan dan disiplin seorang eksekutif korporasi.

Berikut ini 5C, tanda pemimpin berjiwa wirausaha di abad ke-21

 

  • Catalyst of change: Katalisator perubahan.

Dia terus-menerus mencari kemungkinan-kemungkinan baru, menantang bisnis untuk berpikir dengan cara berbeda, menjadi lebih inovatif dan efektif, lebih cepat dan dengan dampak yang lebih. Ini bisa saja dalam bentuk ide-ide provokatif dan tantangan-tantangan yang mengganggu, siap untuk terus berargumen daripada menjadi pembuat aturan.

 

  • Communicator of vision: Komunikator visi.

Dia menjelaskan arah bisnis yang jelas dan menginspirasi, hidup dalam nilai-nilai dan sifat-sifat sebuah merek, melibatkan para pemegang saham dalam dialog aktif. Secara eksternal mereka adalah duta besar mereknya, dan wajah manusia dari bisnisnya ke media.

 

  • Connector of people: Penghubung orang-orang.

Dia menggabungkan orang-orang terbaik dan gagasan terbaik –secara internal dan juga dari perusahaan lain dan spesialisasi – untuk menghasilkan gagasan dan solusi yang lebih besar dan lebih baik. Mereka akan focus untuk membangun tim-tim hebat, orang-orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat di hari ini, dan merencanakan suksesi masa depan.

 

  • Conscience of business: Nurani sebuah bisnis.

Dia memutuskan apa yang benar dan salah, mempertimbangkan gambaran besar perusahaan dan perannya, dan bagaimana perusahaan dapat membantu menciptakan dunia yang lebih baik. Memenangkan etika bisnis dan tanggungjawab korporasi, keberagaman budaya sama dengan kesempatan, berpegang teguh kepada tujuan bisnis dan nilai-nilai merek.

 

  • Coach of high performance: Pelatih untuk kinerja terbaik.

Dia bekerja bersama dan mendukung semua tingkatan di seluruh organisasi, dalam ruang direksi dan ruang took, dan bahkan dengan para kolega dari perusahaan lain. Pemimpin menambahkan keahlian spesialisasinya ke dalam bisnis: otaknya, pengetahuan teknis, pengalaman, insight, dan intuisi.

(sumber: Peter Fisk)

“Sebagai pemimpin bisnis,
seberapa banyak dari kelima karakter di atas,
yang sudah saya bangun dalam diri?”

NB)
Jika suatu waktu Anda ingin melaksanakan pelatihan kepemimpinan bisnis,
hubungi 082141-600-200.

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.