Inspirasi Detik ini

Keberhasilan tidak diukur dengan apa yang Anda raih, namun dari kegagalan yang telah Anda hadapi, dan keberanian yang membuat Anda tetap berjuang melawan rintangan yang datang bertubi-tubi — Orison Swett Marden

Belajar Sabar

Posted by
|

 

Makna Sabar

Kesabaran adalah kekuatan akhlak yang menyuplai energi pada manusia untuk dapat menguasai diri dalam memikul beban, seperti kesulitan, penderitaan, musibah, cobaan, perjuangan, dan seterusnya. Kesabaran juga memberikan kekuatan jiwa untuk mengendalikan diri dalam bereaksi terhadap berbagai situasi yang rumit dan kompleks,seperti rasa jenuh, tergesa-gesa, marah, takut, cemas, harap, hawa nafsu, dan berbagai kecenderungan manusiawi lainnya.

Kesabaran merupakan keniscayaan hidup. Tidak ada yang dapat kita raih dalam hidup ini, baik untuk kebaikan maupun untuk kejahatan, tanpa kesabaran. Semua cerita sukses selalu bermula dan bermuara pada kesabaran; dalam peperangan, bisnis, dunia ilmiah, profesi, kerja-kerja social kemanusiaan, dunia politik, dan lainnya. Para pemimpin, dalam semua bidang, hanya bisa menjadi pemimpin apabila mereka memiliki kesabaran. Sebab, beban-beban kepemimpinan hanya dapat dipikul oleh mereka yang memiliki “cadangan” kesabaran yang besar.

Perubahan-perubahan besar dalam kehidupan komunitas kita, baik pada skala terkecil seperti keluarga, atau menengah seperti perusahaan, atau yang lebih luas seperti bangsa dan negara, hanya dapat dikelola dengan baik apabila para reformis memiliki cadangan kesabaran yang besar. Ketergesa-gesaan, angkara murkan, kekasaran, seringkali merusak semua usaha perubahan yang telah kita lakukan. Tidak akan ada perubahan besar tanpa adanya para reformis yang sabar.

Kapan perlu sabar

Kesabaran diperlukan dalam semua situasi. Tapi kesabaran lebih dibutuhkan lagi dalam empat situasi:

  1. Kita perlu sabar ketika menghadapi musibah dan cobaan hidup; kehilangan orang-orang yang kita cintai, kehilangan harta benda yang berharga, kecelakaan, kegagalan, dan sebagainya.
  2. Kita juga perlu sabar dalam melawan godaan syahwat dan hawa nafsu dalam semua bentuknya; syahwat kekuasaan, syahwat kebinatangan, angkara murka. Kita juga perlu sabar dalam menghadapi godaan dan tekanan kejahatan dari lingkungan kita.
  3. Kita juga perlu sabar dalam melakukan ketaatan dan kebaikan. Sebab kebaikan-kebaikan itu adalah berat bagi jiwa kita. Hanya dengan kesabaran kita dapat menjalankan kebaikan-kebaikan itu dalam hidup kita.
  4. Kita juga perlu sabar dalam mencapai cita-cita hidup kita. Cita-cita besar membutuhkan kerja-kerja besar. Tidak ada sukses yang dapat kita raih dalam hidup tanpa kesabaran.

 

Wajah kesabaran

Sebagai akar keluhuran akhlak, kesabaran selanjutnya mewujud dalam sikap:

  • Kesantunan terhadap orang lain. Khususnya terhadap orang yang salah memahami kita, atau tidak menghargai kita, atau menyakiti kita, atau bahkan memusuhi kita. Kita tidak boleh melawan kejahatan orang lain dengan kejahatan yang sama.
  • Kelembutan dalam pembawaan dan tutur kata. Orang-orang sabar tidak kasar dalam bertindak dan menjauhi semua kalimat yang dapat menyakiti hati orang lain.
  • Pengendalian diri yang ketat dalam mengelola emosi dan kemarahan. Orang-orang yang sabar selalu dapat memenangkan rasionalitas atas perasaan dan kemarahannya. Orang-orang sabar tidak terprovokasi oleh rangsangan kemarahan.
  • Menjaga rahasia. Orang-orang sabar selalu dapat mencegah dorongan kecerobohan dalam dirinya, melawan godaan membocorkan rahasia orang lain yang diamanatkan kepadanya. Orang-orang sabar dapat dipercaya menyimpan rahasia.
  • Keuletan dan ketangguhan dalam bekerja. Orang-orang sabar pantang menyerah, selalu mampu menemukan jalan keluar dari kesulitan yang menghadangnya, selalu mampu beradaptasi dengan berbagai situasi yang kompleks, dan tidak suka mengeluh.
  • Bersikap tenang dan tidak tergesa-gesa. Orang-orang sabar selalu bersikap tenang, penuh konsentrasi, dan tidak tergesa-gesa, tidak mudah terprovokasi oleh situasi, dan tidak mudah panik.

(sumber: Anis Matta,
8 Mata Air Kecemerlangan)

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.