Inspirasi Detik ini

Jika Anda ingin mendapatkan kebahagiaan dalam satu jam maka tidurlah. Bila Anda ingin berbahagia dalam sehari maka pergilah memancing. Bila Anda ingin mendapatkan kebahagiaan dalam setahun maka berdoalah bagi keberuntungan Anda. Tetapi bila Anda ingin berbahagia seumur hidup Anda, maka bantu dan tolonglah orang lain. — Pepatah Cina

Puas Diri

Posted by
|

Puas Diri: “Kesuksesan yang Membawa Kegagalan”

Puas diri adalah perasaan aman dan nyaman, yang disebabkan oleh keyakinan bahwa kesuksesan Anda di masa lampau akan terus berlanjut hingga masa mendatang. Kepercayaan itu didasari asumsi bahwa masa depan akan sama dengan masa sekarang, tidak ada yang berubah. Sikap puas diri menyebabkan Anda mengabaikan realitas dan enggan bertindak; Anda nyaman dengan status quo. Anda membenci ketergesaan dan lebih menyukai tindakan lambat penuh pertimbangan. Kebiasaan itu sangat mudah menjangkiti perusahaan besar, dengan ukuran dan skala bisnis mengisolasinya dari perubahan cepat di dunia luar. Sikap puas diri berkembang dari ilusi “gen unggul”, bahwa hal buruk tidak mungkin terjadi di sini.

Dengan kata lain, sikap puas diri dilandasi oleh tiga hal: kesuksesan Anda di masa lalu, keyakinan bahwa masa depan dapat diperkirakan, dan asumsi bahwa bisnis Anda yang besar akan mudah mengatasi masalah. Masalah mungkin terjadi, tapi pasti dapat diatasi.

Tanda-tanda puas diri

  • Anda lambat mengambil keputusan

Siklus kerja Anda santai dan lamban. Budaya kerja Anda disetel lambat. Kecepatan direm. Setiap tindakan atau gagasan harus dikaji ulang hingga dua-tiga kali.

  • Proses Anda sangat birokratis

Proses pengambilan keputusan Anda tersandera oleh tirani komite, seperti umumnya kita lihat pada LSM dan organisasi nirlaba lainnya. Setiap anggota komite memiliki hak veto dan perbedaan kultural antarmereka tidak dapat disatukan.
Pemimpin berkewajiban merobohkan tembok birokrasi itu. Setelah itu, ia juga harus menghilangkan hambatan lain, tidak hanya budaya, tapi juga proses, struktur, sistem, dan regulasi; yang menjadi ciri organisasi lamban.

  • Anda memiliki budaya bottom-up, desentralisasi, dan konsensus (kesepakatan bersama)

Gaya manajemen “Anda harus melibatkan semua orang”, sempat popular beberapa tahun lalu. Tapi, tidak lagi sesuai dengan lingkungan yang berubah cepat saat ini. Hal itu menyulitkan perubahan di arena global.

Ada tiga hal yang tidak boleh dilakukan dari bawah:

1. Menetapkan visi. Setiap orang memiliki visi yang berbeda. Anda tidak akan pernah mendapatkan konsensus, Anda hanya akan berdebat selamanya. Bila Anda adalah pemimpin, tugas Anda-lah untuk memutuskan ke mana organisasi (bisnis) Anda akan menuju. Bila ada yang tidak setuju, biarkan dia pergi. Adalah tanggung jawab pemimpin untuk mengarahkan ke masa depan yang lebih baik.

2. Merancang infrastruktur IT. Jangan pernah mencobanya, karena ada sedemikian banyak solusi, sistem hardware, dan software. Berikan saja kepada ahlinya. Kalau perlu, delegasikan ke mereka.

3. Branding. Cobalah melakukan branding melalui konsensus, Anda tidak akan pernah selesai membahasnya. Adalah lebih baik, sebagai pemimpin Anda yang harus menentukan apa merek Anda.

 

  • Struktur biaya Anda tinggi

Anda memiliki kebiasaan serba mahal. Pengeluaran ekstra yang tidak esensial membebani kompetensi inti Anda. Anda hidup dalam lingkungan yang membolehkan Anda melakukan segala sesuatunya secara berlebihan. Anda kesulitan mengendalikan biaya, karena untuk memenuhi kepuasan diri yang tidak penting!

Cara mengatasi sikap puas diri

Puas diri biasanya berkembang di lingkungan (organisasi, perusahaan) yang sudah mapan. Sebagai kebiasaan kronis, puas diri tidak dapat diatasi dengan solusi cepat. Beberapa saran berikut, dapat Anda gunakan.

A Lakukan penyegaran

Anda mungkin butuh pemimpin baru, yang berwibawa dan berwawasan untuk mengubah budaya perusahaan. Biasanya, pemimpin baru hadir dengan perspektif segar, dan karenanya dapat mengubah bahkan mengganti kelambanan dan sikap puas diri dengan kegesitan dan kesigapan untuk berubah.

B Hentikan kebiasaan berpuas diri

Mencegah jauh lebih baik. Cara terbaik mencegah sikap puas diri adalah dengan melihat ke depan, bukan ke belakang. Menyadari bahwa masa depan tidak dapat diprediksi dengan 100% akurat. Dan memusatkan perhatian pada apa-apa yang dapat Anda lakukan, bukan apa yang telah lakukan dan peroleh.

(sumber: Jagdish N. Sheth)

NB)
Apakah Anda benar-benar puas dengan hasil dari program pengembangan diri Anda?
Jika Anda jawab ‘Tidak”, pertimbangkan untuk menghubungi “Penjinak Bakat” di 0857-84-450-450.

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.