Inspirasi Detik ini

Apakah kita telah gunakan semua kekuatan yg tersedia pada diri kita? Sudahkah berupaya mencapai derajat tertinggi sebagai buah dari prestasi dan kontribusi kita? Apakah peninggalan yang membuat generasi setelah kita mensyukuri kehadiran kita di muka bumi? — Rio Purboyo

Pertanyaan Persiapan Coaching

Posted by
|

Begitu mendapat kesempatan memfasilitasi pelanggan dalam format coaching. Saya pun, bergegas menyediakan layanan yang sesuai. Dalam bayangan saya, coaching kali ini tentu sangat mengasyikkan. Bagaimana tidak, selain karena intensitas pertemuan dan target yang menantang. coaching ini memberikan kesempatan lebih dari biasanya, di mana saya berkesempatan memberikan layanan secara lebih sempurna.

Hingga tak jarang, saya sering menyempatkan waktu khusus demi perbaikan dan penyempurnaan proses coaching yang akan berjalan. Hingga suatu waktu, tanpa sadar, mata saya tertuju pada sebuah catatan kecil. Sebutlah catatan itu, sejenis “buku pegangan” khusus coach. Di dalamnya, saya mendapatkan pengingatan, bahwa salah satu bagian penting memberhasilkan coaching, ialah kesiapan coachee (klien) itu sendiri.

Oh iya, mumpung ingat. Kalau-kalau pembaca ingin pahami lebih dalam perihal filosofi dan proses kerja coaching. Saran saya, silakan membaca bagian ini. Link itu, tersedia inspirasi mengenai apa dan mengapa coaching.

Meski saya tujukan tulisan ini khususnya buat klien yang bersama saya, Anda misalnya. Sebaiknya Anda baca dan perhatikan dengan cermat. Mungkin, Anda akan menemukan diri sendiri merasa butuh menjalani coaching. Dengan senang hati, saya berharap dapat membantu Anda. Dan tentunya, ini sangat berguna untuk memperlancar proses coaching itu sendiri.

Berikut ini, catatan yang sudah saya tuliskan dalam kultwit seputar persiapan #Coaching. Selamat membaca hingga tuntas.

Sebelum coaching melaju ke tujuan, baik kiranya klien membantu Coach segera mengenali Anda & apa yang Anda inginkan.

Berikut ini beberapa ide/pertanyaan, sebagai alat bantu persiapan agar coaching berjalan lebih baik. Jawablah sebaik mungkin. Kenapa penting menjawab sebaik mungkin? Supaya Coach dapat dengan mudah menyesuaikan pendekatan coaching dengan gaya Anda & kebutuhan Anda.

Jawaban atas pertanyaan pra coaching ini, membantu Coach memfasilitasi Anda untuk memperjelas proses pencapaian target dan bisa-bisa mempercepat pemenuhannya. Selamat menjalani:

1) Apa yang Anda inginkan dari mengalami proses coaching?
2) Bila Anda mampu meraih prestasi keren selama/usai coaching, seperti apa itu? Bagaimana yang Anda rasakan?
3) Apa penyebab Anda bersedia dan mampu bekerja, berupaya, atau mewujudkan kinerja yg sebaik mungkin?
4) Seperti apa, isi, dan cara Anda menjelaskan pada Coach tentang diri sendiri DAN cara Anda melakukan perubahan?
5) Bagaimana cara teman dekat Anda, sehingga ia berhasil memberi masukan/saran perihal kemampuan yg belum Anda sadari?
6) Apa (saja) yang ingin Anda alami selama proses coaching?
7) Agar hubungan terjalin akrab & produktif, apa saran yang Anda punya untuk Coach mengenai cara berinteraksi dengan Anda?
8) Bagaimana Anda mengerti, atau tahu, bahwa proses coaching sudah/sedang berjalan baik dan terasa cocok buat Anda?
9) Apa tindakan pertama Anda, yang dengan melakukannya bisa mengarahkan Anda pada perbaikan besar selama sesi coaching?

Itu tadi, beberapa pertanyaan untuk mempersiapkan klien sebelum menjalani coaching.
Semoga berguna.

NB)
Feel FREE to Call your Talent-Coach >> 082141-600-200

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.