Inspirasi Detik ini

Saya yakin, cepat atau lambat, membuka kembali lembaran kilas balik kehidupan, menyisakan harapan dan ketakutan. Berharap-harap agar yang dilakukan bermanfaat tanpa terbatasi usia, dan semakin baik ke depannya. Takut, jangan-jangan yang kemarin itu tidak optimal, dan karenanya menyimpan peluang pertobatan dan perbaikan. — Rio Purboyo

Mengatasi Penundaan

Posted by
|

Keberhasilan terjadi di alam tindakan, bukan di alam impian. Karenanya, ketika Anda membaca artikel ini sampai selesai, Anda boleh jadi mulai menyadari pentingnya bertindak. Anda tahu, keberhasilan Anda ditentukan oleh seberapa cepat Anda mengayunkan langkah pertama, sekarang.

Saat kita mengeksekusi tindakan, muncul perlawanan dari diri sendiri: penundaan. Menunda ialah masalah pada hampir setiap orang. Menunda ialah masalah yang rumit, karena melibatkan banyak sebab: rendahnya kendali diri, takut gagal, perfeksionis, merasa lemah-tak berdaya karena melihat masalah sebagai sesuatu yang besar dan tak mampu memecahnya menjadi bagian yang lebih kecil, dan takut bosan. Karena itu, tidak ada obat tunggal yang dapat mengobati semua masalah penundaan.

Tetapi, kita dapat mulai membiasakan satu sikap dan cara sederhana untuk dapat menguranginya. Cara sederhana ini pasti sudah pernah Anda ketahui sebelumnya. Ingat slogan Nike? Just do it!

Ketika Anda malas melakukan sesuatu, berhentilah untuk menganalisa atau memikirkannya. Sebagai gantinya, ambil langkah pertama. Sudah terbukti, bahwa semua perjalanan bermula dari langkah pertama. Itu artinya, sebuah langkah pertama –sekecil apa pun– memiliki dampak yang amat besar.

Berdasar pengamatan Bluma Zeigarnik, seorang mahasiswa pasca sarjana psikologi di Rusia. Ketika kita memulai sebuah kegiatan, pikiran kita mengalami kecemasan psikis. Ketika aktivitas itu selesai, ketegangan pun hilang, dan pikiran kita bisa melupakan aktivitas tadi. Tapi, jika aktivitas itu terhenti di tengah jalan, pikiran yang masih cemas tidak bisa melupakan apa yang terputus.

Korelasinya dengan penundaan? Seorang yang suka menunda-nunda sering mencari-cari berbagai alasan untuk menghindari memulai sebuah aktivitas. Tapi, jika kita dapat dibujuk atau memotivasi diri sendiri untuk memulai sedikit saja, meski hanya untuk beberapa menit, pikiran kita yang cemas akan mengambil alih untuk memastikan supaya kita menyelesaikannya.

Lebih lanjut, para psikolog sosial juga telah mengumpulkan berbagai bukti, bahwa hanya dengan melakukan sesuatu kita dapat mengubah perasaan kita terhadap sebuah aktivitas. Keraguan yang mungkin muncul di awal, pasti segera hilang begitu Anda bertindak. Berganti dengan perasaan positif yang Anda dapatkan, sehingga membuat Anda makin termotivasi untuk melakukannya hingga tuntas.

Jadi, jika Anda sudah punya rencana, dorong diri Anda masuk ke dalamnya. Mulailah dengan ambil langkah pertama, sekarang. Just do it!

NB)
Apakah Anda sudah benar-benar merasa puas dengan keahlian berbicara di publik? Jika belum, Anda boleh memutuskan berlatih bersama saya di workshop private, #PublicSpeakingMagically. Hubungi 082141-600-200

Untuk mewujudkan cita-citaku, “Apa tindakan pertama yang perlu kulakukan, sekarang?”

mulai atasi penundaan Mengatasi Penundaan

Comments

  1. Biasa namun tak sederhana

    October 28, 2012

    Nah yang ini ngena banget mas, sering juga merasakan penundaan semacam ini :D

    • Rio Purboyo

      October 29, 2012

      Itulah kenapa, saran terdekatnya, ialah berfokus untuk mengerjakan kegiatan kecil, sederhana, dan sekarang! :)

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.