Inspirasi Detik ini

Inti kehidupan ialah menemukan apa yang benar-benar Anda cintai, lalu membuat pengalaman hidup sehari-hari menjadi berharga. — Denis Waitley

#MindsetBejo

Posted by
|

Ya, ya. Ini salah satu upaya saya, untuk kembali ke dunia kepenulisan. Lebih tepatnya, melatih diri berdisiplin menulis di web ini. Semoga Anda, pembaca, terus berkenan membaca ragam makna yang saya tuliskan di sini. Selamat menikmati.

#1
Melatih FISIK dengan latihan yg terencana. Mengarahkan PIKIRAN lewat pengetahuan yang terorganisir. Menghaluskan PERASAAN dalam motivasi yang berfokus. Dan, mencelupkan diri dalam MISI PRIBADI yang senantiasa diyakini. KeEMPATnya di atas, panduan sederhana merajut bakat menjadi pakaian berkat bagi seluruh umat.
Selamat berlatih! #mindsetbejo

#2
Memperoleh gagasan bagus saja tak cukup. Dengan sadar biasakanlah PRAKTIK HARIAN, yang dengannya semoga mengubah kehidupan Anda. #MindsetBejo

#3
Gambaran (ideal) akan masa depan, membentuk bingkai berpikir yg darinya menuntun kita supaya dapat hidup sejahtera, bahagia, dan bermakna. #mindsetbejo

#4
Meng-EDIT Imajinasi. Seperti apa ke-mboiz-an prosesnya? Dan, akan seperti apa jadinya? #mindsetbejo

#5
Adik-adik, sedang UAS nih? Met belajar, ya. Kadang, pribadi berusia dewasa seperti kami ini, lupa. Atau. Seringnya, malah ndak sadar diri kalau setiap hari sedang jumpai dan selalu sudah ditunggu-tunggu oleh sesosok bernama ujian.

Tahu kenapa?
Karena, ada orang dewasa yg menganggap, ujian itu hanya berbentuk yg susah-susah, yg sulit-sulit, yg ndak cocok di pikiran-perasaan manusia. Bencana, musibah, itu nama lainnya yg lebih kaukenali, mungkin. Padahal, ada juga sisi lain kehidupan yg sejatinya adalah juga ujian. Itu lho, yg nikmat-nikmat, yg dirasa cocok bagi nafsu manusia, yg sesuai dengan harapan bahkan impiannya.

Tak berimbang hadapi keduanya, baik yg eneg atau yg enak, bikin derajat kemanusiaan seseorang turun ke posisi serendah-rendahnya.

Tapi, jika sebaliknya yang terjadi, kau pasti dapat bayangkan. Akan banyak kaujumpai sosok seperti Nabi dan para sahabatnya, berseliweran di depan wajahmu, saat ini.

Kalau di tempatmu belajar, kaudapati seorang guru yang sampaikan pelajarannya lebih dulu, setelah itu beliau kasih ujian. Sementara di tempatku membaca status ini, berlaku sebaliknya.

Ujian hadir terlebih dulu, sesudahnya muncul pelajaran. Itu pun, hanya dapat dipahami oleh pribadi-pribadi yg tulus untuk terus belajar.

Mungkin itu sebabnya, seorang pakDhe sarankan supaya kujuga belajar dari pengalaman hidup orang lain. Sebab, takmungkin kuhabiskan semua hidupku hanya untuk perbaikan “keslahan-keslahan” yg berulang, yg tak naikkan kelas kualitas hidup.

Adik-adik kalau sudah lulus ujian, kasih kabar ya? Siapa tahu, ada yg mau ajak traktiran es krim. Prestasimu layak dirayakan, bukan.
Selamat berlatih, yo! #mindsetbejo

#6
Anda TERTARIK menJADI PELATIH bagi PRIBADI sendiri?

Seorang teman baik, trainer selling & service, bertanya, “Training yg berdampak, ialah yg punya daya gugah dan daya ubah. Bagaimana bangun daya Ubah?”

“Sederhana dan mudah. Cukup 3 hal saja!” jawabku. Anda juga dapat membiasakannya, mulai dari saat ini.

1) Mulai dari perihal baik yg sudah ada. Lalu persering frekuensinya. Ini untuk permudah daya ubah.

2) Kontraskan perasaan berdaya dengan pemenuhan tindakan keseharian. Ini untuk gugah perasaan kemendesakan.

3) Bangun kebiasaan baru, dengan gunakan pemicu tindakan. Ini untuk gelindingkan prilaku jadi kebiasaan.

Yg terpenting dalam bangun daya ubah, IALAH
“Merayakan setiap kemenangan, sekecil apa pun.”

Bersyukurlah atas perubahan baik, yg sejatinya setiap hari sudah kita nikmati. Ayo! #mindsetbejo

#7
Cita-cita BUESARmu itu, mungkin bikin pihak-pihak tertentu mendukung atau bersikap lainnya. Mintalah restu, dukungan, dan bantuan dari keduanya. Dengannya, semoga harapan baikmu, menjadi hunian yg menentramkan. #mindsetbejo

#8
Memulai hari dengan selesaikan hal-hal yg penting, membuat hati ini lebih TENANG & STABIL u/ manfaatkan sisa waktu yg ada. #mindsetbejo

#9
PE-LAKU
setelah di ujung malamnya,
ketika menjadi PE-RENCANA

hingga di jelang istirahat malamnya,
ketika menjadi PE-NILAI.

Berimbanglah -semaksimal kemampuanku- dalam ketiga peran, sesuai porsi. Gituya? #mindsetbejo

#10
Jika saja kau cukup perhatian. Mudah kaupahami apa ‘mata pelajaran’ atas ujian kenaikan kelas kehidupan, yang saat ini kauhadapi. Beserta, bagaimana caramu menyelesaikan, berbekal semua potensi yang telah dimungkinkanNya tersedia bagimu. #mindsetbejo

#11
Betapa kagetnya, saat dirimu tahu tiba-tiba sudah “ditemukan”, “dipilih”, lantas “dinaikkan kelas”. Bersiap-siagalah senantiasa! #mindsetbejo

#12
Beberapa PR (besar) sudah menantikan penyelesaian. BismiLlah! Mari selesaikan satu per satu, dari yg terdekat dan percepat perpindahan di antaranya. #mindsetbejo

#13
Leyeh-leyehmu, kapan? Dan, untuk apa? #mindsetbejo

#14
Bekerja sampai-sampai memeras keringat itu, memang benar-benar nyata adanya.
Baru nyadar, tho cak?! #mindsetbejo

#15
Tetapkan PRIORITAS setajam LASER
Prioritas adalah peta jalan menuju tercapainya tujuan. Prioritas menyajikan peta yang mengatur dan mengarahkan Anda pada tujuan. Saat prioritas Anda sangat jelas dan spesifik. Anda akan tahu apa yang harus difokuskan dan karenanya, Anda kenali apa yang harus mendapat perhatian, daya upaya, dan tindakan lanjut.

Prioritas yang tepat, dikombinasikan dengan tindak lanjut yang tepat, akan memastikan bahwa hal-hal yang benar-benar penting tidak tersisih dari agenda kerja, di mana seringkali semua hal tampak penting dan mendesak (genting).

Prioritas yang tepat membantu Anda menghadapi tuntutan terus-menerus yang bisa membuat stres dan kebingungan arah. Prioritas ini membuat Anda mampu memberi kejelasan dan fokus untuk diri Anda sendiri dan bagi orang lain dalam organisasi Anda. Tanpa prioritas, orang cenderung melakukan semuanya, yang berarti mereka membuang waktu dan energi berharga untuk hal-hal yang tidak penting.

Anda menetapkan tujuan BESAR (tujuan hidup, cita-cita) pada ketinggian 150 meter, sedangkan prioritas ditetapkan dari lantai di mana kaki Anda berpijak.

Ada 4 kriteria dalam memilih prioritas:

(1) Apa yang penting.
(2) Apa yang mendesak.
(3) Apa yang jangka panjang vs jangka pendek.
(4) Apa yang realistis (praktis) vs visioner.

Bila Anda tidak memilih salah satunya karena menginginkan semuanya, bisa dipastikan diri dan organisasi Anda akan kurang terfokus.

Memiliki terlalu banyak prioritas sama buruknya dengan tidak memiliki prioritas.
#mindsetbejo

#16
YA, mungkin pertanyaan ini agak “gila”. Tapi, pikirkan benar-benar jawabannya.

Seberapa banyak uang yg Anda butuhkan untuk berbahagia? Pikirkanlah! Berapa angkanya?

Memang, sudah lama beredar di sekitar kita, “uang tak dapat membeli kebahagiaan”. Toh begitu, lebih mudah untuk diomongkan, seseorang dengan standar hidup yg lebih layak, mudah untuk bahagia ketimbang yg hidup dalam kemiskinan.

Tapi yg juga menarik, dari beberapa penelitian psiko-sosial, ditemukan betapa tambahan penghasilan tidak serta turut meningkatkan tingkat kebahagiaan.
Ada pengaruh jiwa, memang, sebagai instrumen penikmat kebahagiaan.

Lebih dari itu, sekali lagi. Periksalah “kadar kebahagiaan” diri sendiri, dengan menjawab…
“Seberapa banyak uang yg Anda butuhkan untuk berbahagia?” #mindsetbejo

#17
Terasa benar olehmu,
betapa jauhnya beda antara
hanya INGIN, MINAT, dan
sungguh-sungguh berSIAP.

Bila kaubelum menyadarinya.
Gandengkan saja ketiganya di atas, dengan “KEMENANGAN”.

Karenanya, “BerSIAP Siagalah!” #mindsetbejo

#18
Mengatasi rasa takut bukanlah dengan menghilangkannya sama sekali. Bukan!

Sebagai manusia, kita perlu dan butuh adanya rasa takut. Rasa takut ada sebagai sinyal terhadap bahaya yang mengancam diri. Dengannya, Anda butuh mempersiapkan diri, mengatasi hal-hal baru itu.

Bertemanlah dengan rasa takut, seraya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Agar kesempatan yang datang bertubi-tubi itu, melahirkan keberuntungan BESAR yang ajeg dalam hidup kita.
#mindsetbejo

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.