Inspirasi Detik ini

Pengaruh seorang Guru bisa berdampak hingga ke keabadian. Dia tidak pernah bisa mengatakan, sampai kapan tepatnya pengaruhnya berhenti. — Rio Purboyo

Mengapa Harus Berubah

Posted by
|

“Mungkinkah (bisnis) Anda telah menjadi korban perubahan?”

Anda sadar, sekarang, gelombang perubahan telah terjadi sedemikian derasnya. Dalam buku A Whole New Mind, penulis Daniel Pink menjelaskan perubahan ekonomi dengan metafora berupa cerita film. Tahapan ekonomi seperti babak dalam film dan anggota masyarakat seperti pemeran dalam kisah itu.

Babak pertama, demikian ia menyebutnya, adalah Masa Agraris, dan pemain utamanya ialah petani. Untuk bertahan hidup dalam masa ini, Anda tahu, manusia perlu punggung yang kuat untuk bekerja. Pekerjaan utama berupa menanam dan memanen di ladang.

Babak kedua dimulai pada masa abad kesembilan belas, disebut Masa Industri. Dalam masa ini, yang menjadi aktor utama ialah para pekerja pabrik. Untuk bertahan hidup dalam masa ini, pekerja menunggui mesin produksi. Dan pekerjaan ditentukan oleh jam kerja panjang, tugas-tugas yang berulang, dan kadang menjemukan. Babak ketiga adalah Masa Informasi, yang berada pada abad kedua puluh dan didominasi oleh pekerja pengetahuan. Kebanyakan kita adalah anak-anak abad informasi, dan menurut Pink, kita berada di akhir pengujung tahap perubahan ini. Untuk bertahan hidup di masa ini, pekerja berkumpul dan menyebarkan informasi, dan pekerjaan ditentukan oleh pengelolaan angka dan fakta.

Tetapi, di fajar abad dua puluh satu, informasi telah menjadi komoditas, dan karena itu kita berada di fajar anak tangga berikutnya. Pink menyebut sebagai Masa Konseptual. Yang menjadi aktor utama adalah apa yang disebut sebagai pekerja “kreatif”. Seperti kita ketahui, bentuk pekerjaan akan berubah dari pengelolaan informasi yang ada, menjadi pencipta informasi baru. Pekerja kreatif, supaya dapat bertahan hidup, perlu tahu cara menunggangi gelombang inovasi yang mulai memuncak. Anda akan diwajibkan untuk menjadi pencipta gagasan, dan tidak hanya sebagai konsumen atau pengelolanya.

Secara pribadi, saya percaya Masa Konseptual telah tiba. Saya menduga, bahwa Anda –pembaca– meski tanpa stempel ‘inovasi’, merasakan tekanan untuk menciptakan dan berinovasi. Anda tahu, siklus hidup produk yang sebelumnya diukur dalam puluhan tahun, saat ini dihitung dalam tahun, bahkan bulan. Karir yang dulunya berjalan dalam satu perusahaan, sekarang dibangun dengan meloncat dari satu perusahaan ke perusahaan lain. Kebutuhan akan inovasi dan kreativitas menjadi semakin penting. Inovasi dan kreativitas yang dulunya menjadi tanggung jawab wirausahawan, departemen pemasaran, atau agen periklanan –sekarang menjadi tanggung jawab setiap pegawai, setiap pribadi, di setiap organisasi. Seperti yang diujarkan Tom Peters, “Kesepakatan bersama sedang mewabah, bahwa inovasi harus menjadi Pekerjaan Nomor Satu bagi sebagian besar perusahaan.” Maka, pernahkah Anda berpikir, “Bagaimana dengan (bisnis) saya?”

Secara singkat, kata Daniel Pink, kita telah maju dari masyarakat petani ke masyarakat pekerja pabrik, lalu ke masyarakat pekerja pengetahuan. Dan sekarang, kita sedang maju lagi, menuju masyarakat pencipta (produsen), pengenal pola, dan pencipta makna.

Saat ini, kita sama-sama memahami, gelombang inovasi sedang datang. Dan agar bisa berselancar di atasnya, Anda perlu paham cara membangun gagasan dan cara berkomunikasi kreatif dalam bisnis. Untuk menjawab harapan inilah, Anda bisa melatih diri menjadi komunikator yang andal dalam presentasi.

 

Comments

  1. Zia Ul-Haq

    October 6, 2012

    ndak tau yang salah laptop saya ato apa, tapi font-nya saya pikir perlu diganti. kerning (jarak antar huruf) nya banyak yang kacau.

    khawatir saja, artikel bagus, tapi ndak bisa dibaca dengan baik :)

    • Rio Purboyo

      April 9, 2013

      Terima kasih atas perhatian dan masukannya, mas Zia. Perbaikan sudah dilakukan, seperti harapan pembaca. Matur nuwun :)

  2. cak nun

    May 19, 2013

    Mantab boss, ijin saya copy ya boss

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.