Inspirasi Detik ini

Paksa, hingga terbiasa, terutama untuk lakukan ketaatan dan kebaikan!!! — Rio Purboyo

Cara Cepat Menarik Perhatian

Posted by
|

Di era informasi yang serba tersedia saat ini, kita maklum terjadinya banjir pengetahuan. Komunikasi sebagai saluran penyampaian, telah menemukan tantangan terbarunya. Apa? Kelangkaan perhatian! Ketertarikan dan pemusatan perhatian menjadi hal yang sangat diinginkan. Bayangkan, bila di sekitar Anda tersedia 30 saluran siaran televisi; 3 akun messenger; dan cuap-cuap iklan di radio; yang kesemuanya sama-sama menyala dan meminta perhatian Anda. Bagaimana rasanya? Kewalahan, pasti!

Di tengah kondisi itu, tidakkah Anda sempat terpikir untuk bertanya pada diri sendiri, “Hei, apa maksudnya dengan ini semua?” “Apa sesungguhnya yang kuinginkan dari ini semua?”

Anda tahu, hubungan yang Anda bangun dengan dunia di luar diri, adalah untuk menciptakan hubungan sosial yang makin sukses. Bukan hanya hubungan yang sepintas dan tak tuntas. Tentu, bukan itu yang Anda inginkan. Oleh karenanya, mulai saat ini Anda dapat memilih untuk berfokus pada mendengarkan. Itu artinya, jumlah saluran komunikasi pun Anda batasi yang sesuai dengan terbatasnya perhatian manusia. Sejak saat ini, Anda jadi lebih tertarik untuk memusatkan perhatian penuh kepada teman bicara. Anda pun lebih mampu memahami pesan lengkap yang sedang diberikan.
Pilihan ini, membutuhkan kesediaan diri untuk memperhatikan lebih lengkap: kontak mata yang sesuai, mengamati bahasa tubuh teman bicara, meminta penjelasan, dan mendengarkan yang tidak terucap.

Cara pasti gagal untuk mendengarkan ialah dengan terlalu ingin bersikap menarik, daripada tertarik kepada seseorang yang sedang mereka dengarkan. Orang semacam itu percaya, bahwa jalan menuju hubungan sosial yang baik ialah dengan terus-menerus bicara, memamerkan keahlian, mempertontonkan kecerdasan mereka dengan kata-kata dan komentar. Mungkin, kebutuhannya untuk dianggap cerdas dan penting, telah sedemikian menggebunya. Ugh, betapa!

Syukur, itu bukan diri Anda bukan?

Sebaliknya, ialah pendekatan yang tepat. Gunakan cara terbaik untuk menjalin hubungan baik dan membuat mereka berpihak kepada Anda. Ialah dengan menjadi benar-benar tertarik kepada mereka. Dengan niat tulus, dengarkanlah sungguh-sungguh untuk belajar tentang mereka. Ketika Anda merasa bahwa saya benar-benar tertarik untuk mengenal pikiran dan perasaan Anda, berniat tulus membantu dampingi Anda menjadi pribadi terbaik, secepat mungkin Anda akan membuka diri dan berbagi perasaan Anda yang sesungguhnya kepada saya.

“Dengarkan seratus kali. Pikirkan seribu kali. Bicaralah sekali.”


listen dengarkan riopurboyo Cara Cepat Menarik Perhatian

Sejak saat ini, latihlah mengembangkan sikap penasaran. Bersikap ingintahulah mengenai orang lain, perasan mereka, pikiran mereka, cara pandang mereka. Apa harapan, impian, dan ketakutan mereka? Apa cita-cita mereka? Apa rintangan yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mampu mengatasinya?

Jika Anda ingin orang bekerja sama dengan Anda, menyukai Anda, atau lebih membuka diri kepada Anda, Anda harus tertarik kepada mereka. Alih-alih terpusat pada diri sendiri, mulailah terfokus kepada orang lain. Ketika Anda tertarik, orang lain menanggapi ketertarikan Anda kepada mereka. Dengannya, mereka ingin senantiasa berada di sekitar Anda.

NB. Untuk kualitas hidup Anda yang lebih baik, bolehkah saya membantu Anda?
Daftarkan diri Anda di acara workshop terdekat =
(*) 6-7 Oktober 2012, Kota Malang. Workshop “Public Speaking Magically” angkatan ke-21. DAFTAR? Hubungi 0858-1531-1207

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.