Inspirasi Detik ini

Lakukanlah semua kebaikan yang dapat Anda lakukan, dengan segala kemampuan Anda, dengan semua cara yang Anda bisa, di segala tempat, setiap saat, kepada semua orang, selama Anda bisa — Samuel Wesley

Bagaimana Memastikan Bisnis Anda Berhasil

Posted by
|

Tentu, Anda tahu bahwa selalu diperlukan proses dan syarat untuk mewujudkan keberhasilan. Demikian juga dalam sebuah bisnis. Kita tahu, akan ada banyak jawaban dari seorang pebisnis sukses saat ia mendapat pertanyaan, “Apa kemampuan yang mendukung keberhasilan bisnis Anda?”

Tapi, dari apa pun jawaban yang dilontarkan, dari siapa pun pebisnis sukses yang dapat kita tanyai, pasti ada kesamaan jawaban. Kali ini, kita akan membuka ‘kotak rahasia’ yang berisikan kunci pebisnis sukses. Perhatikanlah, seorang ahli bangunan yang lihai menggunakan beragam alat bantu untuk percepat selesainya pekerjaan. Seperti itulah, bagaimana seorang pebisnis memanfaatkan kemampuan kunci dalam percaturan bisnis.

Ada lima kemampuan utama yang harus Anda tumbuhkembangkan dan kuasai, untuk keberhasilan bisnis. Kenapa ada lima, kok tidak satu saja? Oh, syukurlah Anda menanyakannya. Ini mengingatkan saya pada: “Seorang tukang kayu yang hanya beralatkan palu, memperlakukan segala sesuatu seperti paku. Rusak!”.

Setelah membaca penjelasan berikut. Pastikan, Anda bergegas kuasai lima keahlian kunci di bawah ini.

1) Anda perlu kuasai kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, dan membuktikan hasil sebaik mungkin.

2) Anda perlu kuasai kemampuan untuk berkomunikasi, menjual, dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain.

3) Anda perlu kuasai kemampuan untuk memilih orang yang tepat dan menyatukan mereka menjadi sebuah tim kerja yang efektif dan mandiri.

4) Anda perlu kuasai kemampuan untuk bernegosiasi untuk kepentingan Anda dan bisnis Anda.

5) Anda perlu belajar cara membaca laporan keuangan dan kembangkan kemampuan untuk memahami pembukuan, akuntansi, dan keuangan.

============

Kuasai kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, dan membuktikan hasil.

Faktanya, berdasarkan riset John Murphy, ketiadaan perencanaan bisnis adalah penyebab teratas dari kegagalan sebuah bisnis (78%).
Tanpa perencanaan bisnis, Anda tidak akan tahu apakah bisnis Anda mengalami kemajuan atau tidak. Tanpa perencanaan bisnis, Anda sulit pastikan tim Anda sudah menuju ke arah yang jelas atau belum. Tanpa perencanaan bisnis, Anda takdapat menjamin apakah tim mandiri Anda sudah secara efektif menerapkan ide-ide bisnis atau belum.

Maka, dapatkah Anda menjawab pertanyaan ini…
“Apakah saya mengejar tujuan yang tepat?”

Ketika Anda menyusun tujuan pribadi atau tujuan bisnis, Anda perlu memisahkan antara tujuan akhir dengan tujuan tindakan perantaranya. Tujuan akhir mungkin berupa, “Saya ingin ikut lomba lari marathon”. Tujuan tindakan ada untuk membantu Anda mencapai target ini, sebagai contoh, “Saya akan berlari selama 30 menit, setiap pagi”.

Sila tuliskan tujuan Anda di atas kertas, dan cek! Langkah demi langkah, sudahkah tujuan tertulis Anda berkesesuaian dengan 14 prasyarat seperti yang tertulis pada model di bawah.

Sedikit catatan pengingat:
Jika sebuah goal tidak penuhi unsur A – Attainable, dapat dicapai karena berada dalam rentang kendali; maka tiada harapan ia dapat terwujud. Jika tidak menantang Anda, C – Challenging; maka itu tidak akan memotivasi Anda. Jika ke-14 kriteria itu malah membuat Anda merasa kesusahan, saat memasang tujuan Anda ingatlah dalam hati aturan dasar berikut ini:
“KISS = Keep It Simple, Stupid!”

Segala sesuatu harus dibuat sesederhana mungkin. Tapi tidak lebih sederhana dari itu.
Albert Einstein

John Whitmore model riopurboyo Bagaimana Memastikan Bisnis Anda Berhasil

NB.

Ketika Anda ingin lebih mahir berpresentasi persuasif untuk memenangkan bisnis Anda.
Sekaranglah saatnya, KLIK ke sini.

 

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.