Inspirasi Detik ini

Banyak orang berupaya kerjakan sesuatu yang besar, tanpa menyadari bahwa hidup ini disusun atas hal-hal kecil yang sederhana. — Rio Purboyo

Kiat Taktis Kelola Waktu

Posted by
|

Ketika melihat hari-hari kerja normal kita, banyak dari kita perlu mengakui bahwa kita merasa kewalahan. Meskipun kita sampai bekerja hingga lembur yang tiada habisnya, sayang di malam harinya kita merasa hari itu kita belum produktif sama sekali.

Kita merasa telah bekerja keras, tapi faktanya kita tidak pernah sungguh-sungguh kelola dan gunakan waktu kita untuk hal-hal yang benar-benar kita butuhkan. Kadang ada saja, beberapa acara takterduga yang menyita konsentrasi dan waktu kita. Bukankah kita sadari, bahwa inilah salah satu penyebab hari-hari yang tidak produktif?

jampasir 225x300 Kiat Taktis Kelola Waktu

Berikut ini, 10 tipe kesalahan umum dalam pengelolaan dan penggunaan waktu.

 

1. Mencoba melakukan terlalu banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan.

2. Tidak mengatur prioritas-prioritas yang jelas.

3. Menyisakan waktu terlalu sedikit untuk untuk hal-hal yang takterduga.

4. Lupa menjadwalkan istirahat singkat.

5. Meja kerja yang berantakan, hingga mempersulit penyelesaian kerjaan.

6. Terlalu sedikitnya waktu untuk menelpon, chatting, rapat, dan membuat catatan singkat harian.

7. Menunda-nunda pekerjaan yang tidak menyenangkan, padahal penting!

8. Tidak pernah mengatakan “TIDAK!”.

9. Berusaha melakukan segala sesuatunya dengan sempurna.

10. Kurangnya disiplin diri sendiri.

Anda merasa familiar dengan fenomena di atas? Kadang, saya pun mengalaminya. Tapi, sesungguhnya kitalah pribadi pertama yang mampu tentukan apa yang akan kita lakukan dengan waktu kita. Semakin baik kita merencanakan dan mengorganisir hari kita, semakin mampulah kita lebih dekat meraih harapan kita. Karenanya, kita hanya akan fokus pada hal-hal yang penting, dan terhindar dari penghabisan waktu untuk perkara-perkara kecil yang sepele.

Tujuh aturan dasar dalam merencanakan hari:

1. Mencatat.

Catat seluruh aktivitas, tugas-tugas, janji-janji ke dalam perencanaan waktu Anda. Segera! Ini juga berlaku untuk tugas-tugas rutin dan yang terlihat sepele.

2. Rencanakan hari kerja Anda, malam hari sebelumnya.

Kiat taktis ini memudahkan kesadaran Anda untuk memasukkan kekuatan pribadi bekerja tanpa sadar, ketika Anda sedang tertidur. Selain itu, Anda pun terhindar dari tidur dengan ketakutan karena ketidaktahuan mengenai apa yang akan Anda hadapi di esok hari.

3. Aturlah waktu dan batasi.

Saat menggunakan uang, secara alami Anda akan berhati-hati dan penuh perhitungan dalam memaksimalkan penggunaannya. Mengapa tidak, terapkan hal yang sama dengan waktu Anda? Bukankah waktu jauuh lebih berharga daripada uang?

Hampir semua tugas berpeluang besar menyita sejumlah perhatian yang takterbatas. Inilah sebabnya, mengapa sangat penting mengatur batas waktu untuk setiap aktivitas. Wow, Anda pun masih ingat bahwa batas waktu kita buat bukannya untuk mengakhiri, melainkan untuk memulai aktivitas baru lainnya.

4. Jangan rencanakan hari Anda di saat-saat terakhir.

Sebuah jadwal harian realistis haruslah memasukkan apa-apa yang ingin Anda selesaikan. Tapi pastikan bahwa itu hanya berisikan hal-hal yang benar-benar mungkin dilakukan. Jangan pernah anggap remeh, banyaknya alokasi waktu yang akan terbuang untuk melakukan berbagai jenis aktivitas Anda. Seiring berjalannya waktu, pengalaman akan mempermudah Anda untuk segera putuskan, aktivitas apa yang dapat –dan yang tidak dapat– Anda rencanakan dengan realistis, ataupun Anda selesaikan pada waktu kerja.

5. Gabungkan tugas-tugas yang saling berkaitan ke dalam satu waktu yang sudah Anda sediakan.

Dengan menyediakan waktu Anda, Anda telah menyediakan hari Anda sebuah struktur perkiraan. Tapi, janganlah jadi budak dari jadwal Anda! Kerjakanlah aktivitas Anda dengan penuh kesadaran sembari pergunakan fleksibilitas Anda.

6. Fokuslah dengan prioritas Anda.

Selalu biasakan diri Anda dengan apa yang paling penting, bukan dengan apa yang paling mendesak! Tanyakan ke diri Anda, lagi dan lagi: “Apakah ini benar-benar penting? Apakah ini dapat membantu memenuhi cita-cita saya? Apa yang akan terjadi jika saya tidak melakukannya?”

7. Berkonsentrasilah kepada hal-hal positif.

Ingatkanlah diri Anda untuk senantiasa menyertakan keceriaan, kegembiraan, dan kesyukuran di setiap harinya. Sediakan waktu, untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan. Jaga kelenturan jiwa Anda dengan kesyukuran, dengan mewujudkan dalam aktivitas-aktivitas sosial yang membahagiakan.

Jika Anda merasa hidup terasa penuh, seperti kekurangan waktu, atau merasa kehilangan keseimbangan dalam hidup, periksa kembali, mungkin Anda mengambil porsi terlalu banyak untuk apa yang Anda anggap sebagai peran utama dalam hidup: kerja, serius, dan konsentrasi. Sepertinya Anda terlalu memaksakan diri sesibuk mungkin hingga lupa melihat bahwa hidup kita pun membutuhkan spontanitas-dan-kejutan kecil, sederhana, tetapi menyenangkan. Semisal: bermain, santai, dan riang gembira.

Anda pasti berhasil dalam jangka panjang, ketika Anda mampu menyeimbangkan kewajiban Anda dalam pekerjaan dengan berbagai aktivitas di luar peran Anda di pekerjaan.

Semoga berguna.

Add a comment

Tentang RioPurboyo dot Com

RioPurboyo.com adalah blog pemberdayaan diri. Hadir sebagai upaya pembaik kualitas hidup supaya lebih berkah, bermakna, dan berguna. Ketika Anda bersedia berlatih untuk mengembangkan kualitas diri, hubungi 0857-84-450-450.

Apa itu Komunitas?

Komunitas ialah alumni pelatihan dan pembaca blog. Silakan bergabung untuk saling berinteraksi, berbagi, dan bertumbuh bersama.
Follow us: Twitter | Facebook
Copyright © 2011 Rio Purboyo dot Com. All rights reserved.